DIY Tambah 8 Kasus Baru per 9 Agustus, Total 862 Orang Positif Covid-19

Kuntadi ยท Minggu, 09 Agustus 2020 - 17:33 WIB
DIY Tambah 8 Kasus Baru per 9 Agustus,  Total 862 Orang Positif Covid-19
ilustrasi Covid-19

YOGYAKARTA, iNews.id – Jumlah warga DIY yang terinfeksi Covid-19 per 9 Agustus bertambah 8 menjadi 862 kasus. Dari penelusuran gugus tugas, mereka melakukan kontak dengan pasien positif dan pelaku perjalanan luar daerah.

“Hari ini terdapat tambahan 8 kasus positif, sehingga total ada 862 kasus,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Pemda DIY dalam Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih, Minggu (9/8/2020).

Penambahan delapan kasus ini tersebar di Kabupaten Bantul dan Kulonprogo masing-masing dengan tiga kasus. Sedangkan dua kasus lainnya di Kabupaten Sleman. Sebanyak tiga kasus merupakan tracking kasus positif, tiga kasus dari pelaku perjalanan luar daerah dan masih ada dua kasus yang masih dalam penelusuran.

Berty mengatakan, untuk kasus sembuh hari ini ada penambahan 18 kasus menjadi 570 kasus. Pasien sembuh ini lima dari Kabupaten Bantul, 11 dari Kabupaten Sleman, kabupaten Gunungkidul dan Kota Yogyakarta masing-masing satu kasus.

“Jumlah kasus sembuh dalam beberapa hari belakangan cukup tinggi,” katanya.

Hari ini, juga ada penambahan satu kasus kematian sehingga total ada 23 kasus. Pasien meninggal merupakan laki-laki 51 warga Kulonprogo. Sedangkan pemeriksaan sampel hari ini ada 635 sampel dari 481 kasus.

Sementara itu Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Kulonprogo, Baning Rahayujati mengatakan dengan penambahan tiga kasus maka akumulasi di Kabupaten Kulonprogo ada 44 kasus. Tiga kasuss baru merupakan KP-42 laki-laki (50) warga Nanggulan dan menjalani isolasi di RSUD Nyia Ageng Serang. Pasien merupakan orang tanpa gejala dengan riwayat dari Balikpapan.

Sedangkan Kasus KP-43 merupakan perempuan (28) warga Kecamatan Galur yanhg melakukan kontak dengan kasus KP-40 dan menjalani isolasi di RSUD Wates. Terakhir kasus KP-44 laki-laki (51) warga Sentolo, dengan gejala berat dan tes swab positif. Pasien meninggal dunia pada Sabtu (8/8/2020) dan telah dimakamkan dengan protokol kesehatan.

“Kita juga ada PDP (Pasien Dalam Pengawasan) perempuan, 45 tahun dirawat di RSUP Dr Sardjito,” katanya


Editor : Kuntadi Kuntadi