Viral, Vaksinasi Covid-19 Dilaksanakan di Tepi Pantai Ngandong

Suharjono · Sabtu, 10 Juli 2021 - 01:33:00 WIB
Viral, Vaksinasi Covid-19 Dilaksanakan di Tepi Pantai Ngandong
South Shore Yogyakarta, pengelola destinasi wisata di sisi barat Pantai Ngandong, Kapanewon Tepus, memfasilitasi kegiatan vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan Puskesmas Tepus 1. Warga bisa mengikuti vaksinasi di tepi pantai. Foto: Istimewa

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Dalam dua hari ini beranda media sosial baik WhatsApp, Instagram, Twitter hingga TikTok ramai dengan sebuah video pendek yang merekam kegiatan vaksinasi di tepi laut. Kegiatan vaksinasi Covid-19 itu digelar Puskesmas Tepus 1 bekerja sama dengan manajemen South Shore Yogyakarta selaku pengelola destinasi wisata di sisi barat Pantai Ngandong, Kapanewon Tepus.

Sebanyak 130 warga sekitar mengikuti vaksinasi sekaligus  bisa menikmati panorama laut lepas yang dikelilingi bukit karang. Manajemen South Shore Yogyakarta mengklaim menjadi inisiator pertama pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di alam terbuka dengan pemandangan indah.

"Kami kerjasama dengan Puskesmas Tepus 1 menjadi yang pertama dalam menginisiasi gerakan vaksinasi dengan pemandangan terindah di dunia. Hal ini dilakukan demi meningkatkan kesadaran dan minat warga lokal dan masyarakat umum akan pentingnya program percepatan Vaksinasi Covid-19," kata Komisaris South Shore, Christian Prasetyo Soebagio, Jumat (9/7/2021).

Dia menjelaskan, terobosan dan inovasi tersebut dilakukan demi mendukung percepatan vaksinasi Covid-19 sekaligus mengalih fungsi tempat wisata yang tutup selama pemberlakukan PPKM darurat menjadi lokasi vaksinasi bagi warga umum. Manajemen puas dengan kegiatan ini. 

"Proses pendaftaran bersifat wajib dan konfirmasi dilakukan secara online melalui admin South Shore Yogyakarta. Proses tersebut dilakukan guna mencegah kerumunan dan menghindari klaster vaksin," kata Christian.

Jumlah pendaftar vaksinasi di South Shore mencapai ratusan. Hal ini cukup membuktikan warga antusias mengikuti kegiatan vaksin di lokasi destinasi wisata.

Salah satu warga setempat, Rujimanto mengaku senang dengan konsep vaksinasi yang digelar di kawasan wisata tersebut. Selain dekat dengan rumah warga, lokasi juga ditata sehingga tidak menimbulkan kerumunan.

"Kami ucapkan terima kasih dengan konsep yang sangat asyik ini. Warga jadi tidak takut sambil refreshing," ucapnya.

Editor : Erwin C Sihombing