Wahana Edukasi Taman Pintar Dibuka, Wisata di Yogyakarta Menggeliat

Kuntadi ยท Senin, 13 Juli 2020 - 14:02 WIB
Wahana Edukasi Taman Pintar Dibuka, Wisata di Yogyakarta Menggeliat
Taman Pintar Yogyakarta (Foto INews.id/Kuntadi)

YOGYAKARTA, iNews.id – Wahana Edukasi Taman Pintar Yogyakarta telah dibuka kembali dalam masa uji coba, semenjak 8 Juli lalu. Objek wisata ini cukup diminati wisatawan, meski pengelola membatasi jam kunjungan dan jumlah pengunjung.

“Pengunjung sudah relatif banyak, sampai akhir pekan kemarin sudah 400 orang,” kata Kepala Bidang Pengelolaan Taman Pintar, Afia Rosdiana, Senin (13/7/2020).

Dalam masa uji coba ini, belum semua wahana yang ada dibuka. Pengelola baru membuka Gedung Oval, Kotak, Planetarium, Kampung Kerjainan, dan Wahana Bahari. Beberapa wahana lain akan dibuka, setelah prasarana pendukung sudah siap.

Pengelola saat ini tidak menargetkan jumlah wisatawan yang datang. Mereka lebih fokus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk beradaptasi dengan ketentuan baru pada new normal.

Setiap pengunjung yang datang wajib menggunakan masker. Begitu tiba mereka akan dicek suhu tubuhnya dengan thermogun. Hanya yang normal saja yang diperbolehkan masuk dengan tetap mencuci tangan dengan sabun. Sedangkan yang tidak lolos akan disediakan ruang istirahat sebelum nanti dicek ulang atau dikoordinasikan dengan gugus tugas.

“Pengunjung juga wajib menscan QR Code dan menjaga jarak,” katanya.

Untuk pembayaran tiket masuk disarankan secara nontunai. Jika memang harus tunai, disarankan membayar dengan uang pas. Pengelola tetap menjaga agar tidak ada kontak langsung.

Pengelola Taman Pintar juga menyediakan hand sanitizer di setiap alat peraga yang selalu disentuh pengunjung. Nanti pemandu akan menyarankan kepada pengunjung yang menyentuh untuk membersihkan tangan.

“Selesai menggunakan alat peraga, anak-anak akan disarankan menggunakan hand sanitizer,” katanya.


Editor : Kuntadi Kuntadi