Wali Kota Yogyakarta: TMMD Harus Jadi Contoh Penerapan Protokol Kesehatan

Kuntadi ยท Selasa, 30 Juni 2020 - 15:00 WIB
 Wali Kota Yogyakarta: TMMD Harus Jadi Contoh Penerapan Protokol Kesehatan
Walikota Yogyakarta menyerahkan peralatan pada pembukaan TMMD di yogyakarta. Foto : Humas Pemkot Yogyakarta

YOGYAKARTA, iNews.id – Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti berharap pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap II 2020 bisa menjadi contoh penerapan protokol kesehatan menjelang new normal. Salah satu program yang dicanangkan edukasi dan sosialisi protokol kesehatan.

“TMMD kita hadirkan di tengah masyarakat untuk memberikan contoh bagaimana protokol kesehatan bisa dilaksanakan,” kata Haryadi pada penandatanganan penyerahan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2020, Selasa (30/6/2020).

Program ini akan dilaksanakan di Kampung Notoprajan, Kecamatan Ngampilan Yogyakarta. Untuk mendukung kegiatan ini, Haryadi telah meminta puskesmas untuk terlibat dalam kegiatan yang ada. Apalagi akan banyak tenaga bangunan keluar masuk, yang harus dipantau.

“Protokol kesehatan harus dilaksanakan dengan melibatkan puskesmas dalam setiap kegiatan,” ujarnya.

Haryadi juga meminta masyarakat untuk meningkatkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Tidak hanya sekadar mencuci tangan dengan sabun namun juga terkait jam kerja dan istirahat yang cukup dan berkualitas. Dalam masa pandemi Covid-19, TNI dan rakyat harus tetap bersama menjaga dan mencegah penularan dalam kegiatan yang produktif.

“Jadi produktif ini penting. Work from home, meski di rumah harus tetap memikirkan pekerjaan kantor, ini harus diatur secara baik,” ucap Haryadi.

Komandan Kodim 0734/Yogyakarta Kolonel Arh Zaenudin mengatakan, kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2020 dilaksanakan selama sebulan penuh sejak hari ini. Kegiatan ini akan melibatkan 100 personel.

“Sasaran fisiknya adalah talud, bedah rumah 10 unit, rehap MCK, rehap balai RW. Nonfisik salah satunya untuk sosialisasi Covid-19,” katanya.

Protokol kesehatan akan diterapkan dalam kegiatan ini, mulai pengecekan cek suhu badan pekerja, memakai hand sanitizer, dan juga menjaga jarak. Melalui kegiatan ini diharapkan kemanunggalan TNI dan rakyat semakin terwujud. Apalagi kondisi bangsa saat ini butuh persatuan dan kesatuan masyarakat.


Editor : Kuntadi Kuntadi