Warga Gunungkidul Tangkap Ular Piton 3 Meter yang Masuk ke Kandang Ayam

Kismaya Wibowo ยท Selasa, 17 Desember 2019 - 15:33 WIB
Warga Gunungkidul Tangkap Ular Piton 3 Meter yang Masuk ke Kandang Ayam
Warga Gunung Kidul tangkap ular piton yang akan memakan ayam peliharaan warga (Kismaya Wibowo/iNews)

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Warga Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul digegerkan dengan penemuan ular piton sepanjang 3 meter. Bukan tanpa alasan, ular piton itu ditemukan ketika memburu ayam ternak warga.

Seorang warga bernama Aan Novianto mengatakan, penangkapan ular piton yang meresahkan masyarakat ini berawal ketika warga mendengar suara gaduh dari kandang ayam warga. Ketika dicek, terlihat ular tersebut sedang memangsa induk ayam.

"Ular ini mau makan ayam warga, warga berinisiatif memancing, ditunggu terus ditangkap. Pas ada petok, petok (suara ayam), warga langsung lari untuk menangkap," kata Aan kepada iNews, Selasa (17/12/2019).

Aan menambahkan, ini merupakan ular kelima yang sudah ditangkap sepanjang bulan November 2019. Lebih lanjut Aan menuturkan, warga merasa khawatir karena hewan ternak warga selalu menjadi santapan ular.

Nantinya, kata Aan, ular yang berhasil ditangkap ini akan dilepaskan ke alam liar agar tidak makan hewan ternak warga.

"Ular ini akan kami lepaskan di alam, kita cari tempat yang aman dan jauh dari pemukiman warga," kata dia.

Seperti diketahui, di beberapa wilayah Indonesia dikejutkan dengan temuan-temuan ular. Mulai dari ular kobra hingga piton. Di wilayah Depok, Jawa Barat, ular kobra sudah menelan korban. Korban meninggal akibat gigitan kobra. Tak hanya itu, warga juga menemukan telur-telur ular yang sudah menetas.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto