Warga Gunungkidul Temukan Elang Sikep Madu, Adu Luka Bekas Peluru pada Sayapnya

Kismaya Wibowo ยท Minggu, 28 Agustus 2022 - 14:47:00 WIB
Warga Gunungkidul Temukan Elang Sikep Madu, Adu Luka Bekas Peluru pada Sayapnya
Warga menunjukkan elang Sikep Brontok yang ditemukan dalam kondisi terluka. (foto: iNews.id/Kismaya Wibowo)

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Seekor elang dewasa jenis Sikep Madu ditemukan warga di pelataran Masjid Baitul A’la Dusun Kemorosari, Kalurahan Piyaman, Wonosari Gunungkidul, dalam kondisi terluka, Sabtu (27/8/2022). Diduga satwa langka yang dilindungi undang-undang ini menjadi korban perburuan liar.

Elang ini memiliki panjang sekitar hingga setengah meter. Awalnya ditemukan anak-anak TPA di pekarangan masjid. Elang ini dalam kondisi lemas dan tidak bisa terbang atau berjalan. Sedangkan di sayap sebelah kanan terdapat lubang yang diduga dari peluru dari pemburu liar. 

“Mungkin elang ini tertembak dan masih bisa terbang namun akhirnya lemas,” kata  Bayu Ismail, penemu elang. 

Oleh warga elang ini diselamatkan dan dirawat. Elang ini diberi pakan berupa potongan ikan dan minuman air kelapa. Namun elang ini tetap tidak mau makan. Kejadian ini sudah dilaporkan ke petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). 
  
“Menunggu petugas BKSDA datang, sementara kami rawat dulu dengan dikasih ikan,” katanya. 

Elang Sikep Madu merupakan salah satu satwa langka yang telah dilindungi Undang-undang. Satwa ini keberadaan di alam semakin terbatas. BKSDA beberapa kali melakukan pelepasliaran satwa ini setelah menjalani masa karantina.   

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: