Wisatawan Belum Taati Protokol Kesehatan, Dinpar Dirikan Posko di Pantai Parangtritis

Kuntadi ยท Senin, 20 Juli 2020 - 19:35:00 WIB
Wisatawan Belum Taati Protokol Kesehatan, Dinpar Dirikan Posko di Pantai Parangtritis
Objek wisata Pantai Parangtritis di Bantul. (Foto: Antara)

BANTUL, iNews.id – Kunjungan wisatawan ke Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, cukup tinggi selama masa uji coba. Dinas Pariwisata akan membuat posko gabungan untuk memperketat penjagaan para pengunjung guna mengantisipasi penularan Covid-19.

Posko akan didirikan dengan menggandeng TNI dan Polri maupun dengan Satpol PP. Posko ini akan menjadi garda terdepan dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Petugas akan mengingatkan masyarakat atau wisatawan untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Pantauan beberapa hari, banyak wisatawan yang belum menaati protokol kesehatan. Dari posko itu, nanti petugas akan mengingatkan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo di Bantul, Senin (20/7/2020).

Keberadaan petugas kepolisian dan Satpol PP, dalam masa uji coba cukup efektif untuk mengingatkan masyarakat. Hal ini berbeda jika imbauan hanya dilakukan petugas dari dinas. Polisi nantinya akan langsung mengingatkan untuk penerapan protokol kesehatan Covid-19.

“Satuan Pos Komando (Satposko) bakal didukung surat keputusan (SK) dari bupati,” katanya.

Satposko itu tidak hanya menertiban wisatawan untuk mematuhi protokol kesehatan. Namun juga menampung keluhan dari wisatawan yang hadir terkait dengan persoalan yang terjadi di objek wisata itu. Mulai dari adanya tarif parkir, ketidaknyamanan wisatawan, hingga kemungkinan ada pedagang nakal.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bantul Agus Budi Raharjo mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan tim khusus untuk berjaga di objek-objek wisata. Mereka akan bekerjasama dengan TNI/Polri, Satpol PP maupun dari fokompimcam yang ada di lapangan.

"Sebelum masuk ke objek wisata harus dilakukan screening dulu agar semuanya terdata,” katanya.


Editor : Kuntadi Kuntadi