Wisatawan Berdatangan, Pelanggaran Protokol Kesehatan di DIY Meningkat

Kuntadi ยท Kamis, 08 Oktober 2020 - 13:17:00 WIB
Wisatawan Berdatangan, Pelanggaran Protokol Kesehatan di DIY Meningkat
Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad (Foto: iNews/Kuntadi)

YOGYAKARTA, iNews.id – Kesadaran warga untuk melaksanakan protokol kesehatan dengan menggunakan masker masih rendah. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DIY mencatat ada 12.154 pelanggaran selama bulan September.

“Ada peningkatan pelanggaran, pada Agustus hanya sekitar 5.000 dan naik di September menjadi 12.154 orang,” kata Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rahmad kepada wartawan Kamis (8/10/2020).

Pelanggaran ini didominasi oleh para wisatawan, khususnya wisatawan pantai. Banyak warga yang melepas dengan berwisata. Saat berada di pantai inilah, mereka tidak menggunakan masker.

Kondisi berbeda dengan kunjungan wisatawan di kawasan Malioboro Yogyakarta. Mereka yang datang lebih tertib dan mengenakan masker. Banyak petugas yang mengingatkan wisatawan untuk menggunakan masker.

“Yang tinggi di daerah pantai, saat akhir pekan,” katanya.

Pelanggaran ini kebanyakan berasal dari luar DIY. Setelah hampir lima bulan dalam masa pandemi Covid-19, warga kini mulai berwisata. Sebagian wisatawan ini berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Noviar mengatakan, gubernur sudah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 77 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dam Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. Setiap pelanggaran hanya bisa diberikan dengan sanksi sosial. Sedangkan untuk sanksi denda tidak diatur dalam aturan tersebut.

“Sekitar 90 persen pelanggaran itu didominasi dari luar daerah,” kata Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji.


Editor : Kuntadi Kuntadi