Wisuda 99 Siswa, SMK Kesehatan CSI Wates: Lulusan Siap Kerja dan Berwirausaha

Budi Utomo ยท Minggu, 05 Juni 2022 - 22:00:00 WIB
Wisuda 99 Siswa, SMK Kesehatan CSI Wates: Lulusan Siap Kerja dan Berwirausaha
SMK Kesehatan CSI Wates meluluskan 99 siwa yang siap kerja dan siap berwirausaha. (foto: iNews.id/Budi Utomo)

KULONPROGO, iNews.id - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesehatan Citra Semesta Indonesia (CSI) Wates mewisuda 99 orang siswa. Mereka telah dibekali kemampuan dan ketrampilan sesuai kebutuhan lapangan pekerjaan. 

“Hari ini ada 99 anak yang diwisuda. Lulusan kami siap untuk bekerja di bidang farmasi maupun kesehatan,” kata Kepala SMK Kesehatan CSI Wates Samsuri Nugroho, Minggu (5/6/2022). 

SMK Kesehatan CSI Kulonprogo memiliki dua jurusan, yakni kesehatan dan keperawatan. Sekolah telah memberikan bekal kepada lulusan, dengan disiplin ilmu untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, berwira usaha dan bekerja. Saat ini sudah banyak lulusan yang bekerja di Jepang. 

Wisuda kelulusan dibalut dengan nuansa Jawa. Memasuki tempat wisuda lulusan diiringi dengan gending. Usai pengalungan samir, mereka juga diberikan tokoh wayang kulit. 

“Kami ingin lulusan memiliki karakter dan tidak melupakan akar budaya salah satunya wayang yang diakui internasional,” katanya.  

Kepala Balai Pendidikan Menengah (Dikmen) Kabupaten Kulonprogo Rudy Prakanto berharap lulusan bisa cerdas dan tetap berbudaya. Setelah tiga tahun digembleng, mereka akhirnya diwisuda menadi generasi yang kuat. 

Rudy mengatakan, setiap lulusamn harus memang tiga modal utama berupa AKIK (adaptif, Kolaboratif, Inisiatif dan Komunikatif). 
 
“Jangan sekali-kali menganggap mudah urusan masa depan, karena setelah lulus sekolah, persaingan yang dihadapi sangat berat,” katanya. 

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: