Wujudkan Kota Kreatif Dunia, UMKM Bantul Bidik Pasar Ekspor

Trisna Purwoko ยท Selasa, 26 Juli 2022 - 20:09:00 WIB
Wujudkan Kota Kreatif Dunia, UMKM Bantul Bidik Pasar Ekspor
Penasihat Darmawanita Kemenparekraf, Nur Asia Uno melihat produk fashion dari pelaku UMKM Bantul yang siap ekspor. (foto: istimewa)

BANTUL, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul terus berupaya mewujudkan sebagai kota kreatif berskala internasional. Pelaku UMKM didorong untuk mulai membidik pasar internasional. 

"Bantul ingin punya brand sebagai Kota kreatif versi Unesco. Kami terus dorong UMKM untuk memperluas pasar internasional,” kata Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Bantul Agus Sulistiyana di sela ekspor Desa Sejahtera Astra (DSA) Kriya, di Hutan Pinus Mangunan, Bantul, Selasa (26/7/2022). 

Agus optimistis target ini akan tercapai, karena banyak memiliki pelaku indusri kreatif. Setidaknya ada 75 sentra industri, dan 44 di antaranya merupakan industri kreatif. Sedangkan jumlah pelaku UMKM mencapai 128.000 orang. 

“Saat ini Bantul menjadi kabupaten tertinggi dalam ekspor produk kreatifnya,” katanya. 

Diakuinya, perajin sempat terkendala bahan baku lokal. Namun setelah mendapat dukungan dari Astra permasalahan ini bisa diatasi dengan banyaknya bahan baku masuk dari luar daerah. Sinergitas ini sangat diperlukan untuk mengembangkan industri kreatif dari hulu sampai ke hilir.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, PDTT, Harlina Sulistyorini, mengatakan di DIY ada 392 desa/kalurahan, dan ada 184 yang berstatus mandiri. Ini akan terus ditingkatkan akan bisa terwujud 200 desa. 
 
“Desa harus melakukan kolaborasi, bisa melalui pengembangan BUMDes,”katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: