Yogyakarta Bakal Dibanjiri Pendatang, Pemda DIY Tambah Tes Swab

Kuntadi ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 18:44 WIB
Yogyakarta Bakal Dibanjiri Pendatang, Pemda DIY Tambah Tes Swab
swab test

YOGYAKARTA, iNews.id – Pemda DIY terus berupaya mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19. Salah satunya dengan menambah alokasi tes PCR atau tes swab, karena Yogyakarta akan banyak kedatangan orang dari luar daerah.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, orang luar yang datang ke Yogyakarta termasuk para mahasiswa yang akan menuntut ilmu di kota ini maupun wisatawan. Kedatangan mereka seiring dengan masa uji coba pembukaan tempat wisata.

Sesuai arahan gubernur, gugus tugas telah diminta melakukan koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk melakukan tes PCR lebih banyak lagi.

“Rapid test memang bisa, tetapi tingkat keakuratannya kurang. Makanya yang akan ditambah untuk PCR-nya,” kata Sekda DIY, Rabu (1/7/2020).

Pemda DIY tidak akan melarang orang datang ke Yogyakarta, asalkan mematuhi protokol kesehatan. Mereka yang datang dan memiliki gejala akan didorong untuk melakukan tes swab.

“Pemda dan laboratorium yang ada siap memfasilitasi pelaksanaan tes swab,” katanya.

Pemda DIY, juga sudah melakukan koordinasi dengan pengelola bandara, maskapai maupun dengan Stasiun dan PT KAI. Setiap penumpang diminta untuk mengisi riwayat perjalanan. Begitu turun, mereka akan lebih mudah terpantau.

Begitu juga dengan pengunjung yang datang di objek wisata wajib melakukan scan barcode yang telah disiapkan. Ini akan memudahkan untuk dilakukan tracking dari setiap kasus Covid-19 yang muncul.

Keberadaan pasar tradisional sebenarnya juga sudah dilakukan pengaturan. Mulai dari pembatasan pengunjung, hingga jalur keluar masuk. Hanya saja dalam praktiknya memang lebih sulit diterapkan.

“Pasar memang aman, tetapi bukan terus tidak ada kemungkinan penularan. Kesadaran memakai masker juga rendah,” ujarnya.


Editor : Kuntadi Kuntadi