Salah satu PKL di Lapangan Karang Kotagede dagangannya diborong oleh Komunitas UMKM usAHA. (foto; istimewa)
Kuntadi

YOGYAKARTA, iNews.id - Komunitas UMKM usAHA binaan Airlangga Hartarto mendorong bangkitnya ekonomi dari sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Mereka memborong dagangan pedagang kaki lima (PKL) yang ada di Lapangan Karang, Kotagede, Yogyakarta, Minggu (16/1/2022). 

Koordinator Relawan UMKM usAHA Kota Yogyakarta, Ahmad Aji mengatakan, ada sekitar 12 dagangan UMKM yang mereka borong. Ini merupakan upaya kampanye untuk mengajak masyarakat belanja di UMKM. 

“Kami tidak pilih kasih dalam memborong, semua dagangan UMKM diborong untuk selanjutnya dibagikan kepada masyarakat,” kata Aji,  Senin (17/1/2022). 

Lapangan Karang dipilih sebagai tempat aksi karena lokasinya sangat strategis. Banyak masyarakat yang berlalu-lalang di area tersebut maupun yang berolahraga atau sekedar nongkrong. 

“Dagangan ini kami borong kemudian kami bagikan kepada mereka yang habis olah raga atau sekedar duduk-duduk,” katanya.  

Selain di Lapangan Karang, Tim UMKM usAHA melanjutkan kegiatan serupa di Jalan Veteran, Muja-Muju, Yogyakarta.

Kota Yogyakarta menjadi kota terakhir dalam rangkaian tour UMKM usAHA On The Road. Sebelumnya tim ini telah menyambangi Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kota Salatiga dan Solo.

"Yogyakarta jadi kota penutup untuk tour kali ini. Tapi kegiatan ini kami harap akan dapat dilanjutkan di kota-kota lain," ujar Aji. 

Salah seorang pedagang, Subianto mengaku kaget karena semua dagangannya diborong. Awalnya dia mengira tim UMKM ini hanya bercanda. Namun, setelah mendapat penjelasan dia justru terharu. Dalam kondisi ekonomi serba sulit masih ada orang-orang yang peduli. 

“Ini programnya bagus, siapa sih tidak senang dagangannya laris diborong. Semoga kegiatan seperti ini ada lagi,” ujar pedagang crepes ini. 
 
UMKM usAHA merupakan kelompok binaan Airlangga Hartarto yang fokus kegiatannya pada pelatihan dan pemberdayaan UMKM. Kelompok ini telah melatih 11 ribu UMKM di Pulau Jawa, dan membentuk komunitas alumninya. Di Kota Yogyakarta sendiri ada 185 UMKM yang telah bergabung dalam komunitas ini.


Editor : Kuntadi Kuntadi

BERITA TERKAIT