Petugas mengecek makanan di sebuah swalayan di Gunungkidul dan menemukan barang kedaluwarsa masih beredar. (foto: iNews.id/Kismaya Wibowo)
Kismaya Wibowo

GUNUNGKIDUL, iNews.id – Tim gabungan dari Pemkab Gunungkidul merazia makanan dan bahan pangan menjelang Lebaran di sejumlah toko dan swalayan. Hasilnya banyak ditemukan makanan kedaluwarsa yang dijual ataupun kemasan yang rusak dan berkarat. 

Razia ini melibatkan Dinas Kesehatan, Satpol PP, Dinas Perindustrian Perdagangan Gununhgkidul di sejumlah toko. Satu persatu makanan dan minuman yang dipajang di etalasi di cek petugas secara teliti. Hasilnya petugas menemukan makanan yang sudah kedaluwarsa, kemasannya rusak dan berkarat. 

“Terhadap temuan ini pedagang kami berikan teguran dan dilakukan pembinaan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawati, Rabu (5/5/2021).

Terhadap barang yang kedaluwarsa ini, oleh petugas diambil sampelnya untuk dilakukan pengujian laboratorium. Selebihnya diserahkan kepada pedagang untuk dikembalikan kepada supliyer. 

“Razia ini kami laksanakan secara acak untuk melihat kondisi di lapangan. Jika pedagang bandel kami akan berikan sanksi tegas,” katanya.  

Salah seorang pedagang Siti Rahmawati mengaku lupa mengecek tanggal kedaluwarsa dari barang dagangan yang ada. Biasanya barang itu tidak begitu laku di pasaran, sehingga terlalu lama di tingkat pedagang. 

“Barang itu tidak begitu laku sehinga kami lupa mengeceknya,” katanya.    


Editor : Kuntadi Kuntadi

BERITA TERKAIT