Relawan BPBD Gunungkidul menunjukkan lokasi banjir yang sempat menyeret dua pelajar di Jembatan Sokoliman. (foto: iNews.id/Kismaya Wibowo)
Kismaya Wibowo

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Dua pelajar SMKN 2 Wonosari, Gunungkidul terseret banjir saat melintasi Jembatan Sokoliman, Kalurahan Bejiharjo, Kapanewon Karangmojo, Gunungkidul. Beruntung keduanya berhasil diselematkan oleh tim SAR gabungan. 

Kedua pelajar yang terseret banjir tersebut, Muhammad Waki Ardian Zulianssah dan Ari Herlambang. Saat kejadian keduanya hendak berangkat ke sekolah. Mereka tetap menerobos banjir yang meluber hingga jembatan Sokoliman menggunakan sepeda motor matik AB 2471 MW.

Sampai di tengah jembatan mereka terjebak, karena sepeda motornya tidak bisa melaju. Sementara arus cukup deras sehingga menyeret keduanya. Beruntung mereka bisa berpegangan kayu pada pohon yang ada di tengah-tengah banjir.
 
“Jadi mereka itu hendak ke sekolah dengan motor tetapi terseret banjir,” kata Susanto, seorang relawan BPBD Gunungkidul Selasa (30/11/2022).

Upaya evakuasi dilakukan oleh relawan BPBD bersama dengan Basarnas menggunakan peralatan seadanya. Keduanya berhasil dievakuasi dengan menggunakan tali.  

“Keduanya berhasil diselamatkan setelah badannya diikat dengan tali,” ujar Susanto.

Evakuasi berlangsung dramatis karena relawan harus berjuang menyelamatkan kedua korban di tengah derasnya arus sungai. Setelah berjibaku selama 15 menit, kedua pelajar ini berhasil dievakuasi. 

Keduanya akhirnya berhasil diselamatkan dalam kondisi sehat tanpa terluka. Mereka kemudian dipulangkan ke rumahnya masing-masing.  


Editor : Kuntadi Kuntadi

BERITA TERKAIT