Polisi saat berjaga di lokasi ledakan di sebuah rumah di kawasan Ponpes Darul Masyruh, Kecamatan Klambu, Kabupaten Grobogan. (Foto: iNews/Rustaman Nusantara)
Rustaman Nusantara

GROBOGAN, iNews.id – Beberapa kaleng berisikan bubuk mercon dan belerang diamankan oleh Tim Labfor Polda Jawa Tengah di sebuh rumah di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Masyruh, Desa Pesantren, Kecamatan Klambu, Grobogan. Bubuk mercon dan belerang sisa ledakan itu kemudian dimusnahkan di sebuah lapangan. 

Tim Labfor, Inafis Polda Jateng dan Polres Grobogan membawa Beberapa kaleng bubuk mercon dan belerang itu ke Lapangan Klambu, Grobogan, Sabtu (29/1/2022) dini hari. Barang-barang berbahaya itu selanjutnya dimusnahkan dengan cara dibakar. 

Lebih dari 6 jam, tim Gegana, Labfor, dan Inafis Polda Jateng serta Polres Grobogan melakukan identifikasi dan menyisir seluruh ruangan rumah Azka. Azka sendiri turut menjadi korban ledakan belerang yang tersimpan di dalam sebuah kaleng pada Jumat (28/1/2022) sore. 

“Saat ini korban sudah dalam kondisi membaik dan telah dipindahkan dari ruang ICU ke ruang perawatan Rumah Sakit Umum dr Soedjati Purwodadi, Grobogan pada jumat malam,” kata 
Kapolres Grobogan, AKBP Benny Setyowadi. 

Terkait penyebab ledakan, pihaknya belum bisa memberikan keterangan pasti. Sebab masih dalam penyelidikan dan menunggu hasil dari Puslabfor Polda Jateng.

Kapolres mengimbau warga sekitar lokasi ledakan untuk tetap tenang dan tidak panik. Sebab semua barang bukti bekas ledakan sudah diamankan. 

Ledakan yang berlokasi di rumah Kiai Ali Mansyur Pengasuh Ponpes Darul Masyruh kini sudah aman dan bisa dilakukan pembersihan oleh pihak keluarga.

Berdasarkan hasil pemeriksaan dan penyelidikan beberapa saksi, dugaan sementara bubuk mercon yang diamankan dan dimusnahkan merupakan bubuk sisa Lebaran tahun lalu. Sementara belerang dalam kaleng di dapat dari pembelian yang dikirim melalui jasa pengiriman.


Editor : Ainun Najib

BERITA TERKAIT