Warga Pagergunung, Sitimulyo, Piyungan, Bantul sedang mengantri paket sembako dari UNY di STP Piyungan, Rabu (18/5/2022). (Foto: MPI/Priyo Setyawan)
Priyo Setyawan

BANTUL, iNews.id – Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar bakti sosial (baksos) dengan membagikan 400 paket sembako dan 100 paket peralatan sekolah di Science Techno Park (STP) UNY, Pagergunung, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, Rabu (18/5/2022). Kegiatan dalam rangkaian Dies Natalis UNY ke-58 ini, juga diisi dengan bazar dan festivak produk kreatif dan kesenian.
  
Rektor UNY Prof Sumaryanto mengatakan, baksos ini bukan hanya sekedar tradisi tahunan. Namun sebagai wujud bagaimana komponen UNY berguna bagi lingkungan. 

"Karena itu, kami tetap melestarikan program yang telah dirintis rektor sebelumnya," katanya.

Ketua LPPM UNY Prof Samsul Hadi mengatakan, Kalurahan Sitimulyo dipilih karena telah meraih predikat sebagai Desa Budaya, Desa Prima dan Desa Preneur. Esa ini juga terus didorong agar bisa meraih predikat desa wisata. 

“Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini meliputi penyelenggaraan bakti sosial, pelatihan ecoprint dan permainan tradisional Prancis, festival produk kreatif serta pelatihan tari Jawa” katanya.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Bantul, Didik Warsito mengapresiasi kegiatan ini sebagai bukti nyata Tri Dharma perguruan tinggi oleh civitas akademika UNY. Harapannya ilmu yang dipelajari dan dikembangkan akan makin berguna bagi kehidupan serta dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Kami siap bekerja sama dengan kampus untuk membangun Bantul lebih baik. Kami menyadari untuk membangun tidak bisa dilakukan sendiri dan butuh kolaborasi, sinergitas berbagai pihak untuk menjadikan Bantul yang harmonis, sejahtera dan berkeadilan,” katanya.

Humas UNY Dedi Herdito mengatakan Science Teckno Park UNY akan menempati lahan seluas 1,2 hektar dari 6 hektar yang akan dikembangkan. Nantinya akan dibangun pusat kegiatan akademik mulai dari laboratorium, sport center, UNY Farma dan resort. Dalam resort ini direncanakan berdiri joglo untuk berkegiatan, embung, food court serta spa and beauty.  

“STP ini juga untuk mendukung perubahan UNY menjadi perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTNBH),” katanya


Editor : Kuntadi Kuntadi

BERITA TERKAIT