Foto Ilustrasi. Sebuah perahu milik nelayan Pantai Gesing pecah menghantam karang usai terhempas ombak di Pantai Gesing. (Foto: Antara)
erfan erlin

GUNUNGKIDUL, iNews.id-Sebuah perahu milik nelayan Pantai Gesing pecah menghantam karang usai terhempas ombak di Pantai Gesing. Peristiwa itu terjadi saat nelayan itu hendak melaut Selasa (30/8/2022) pagi.

Tiga nelayan yang menaiki perahu tersebut masing-masing Juwanto (40), Suko (50) keduanya warga Dusun Krambil, Girisekar, Panggang dan Suranto (26) warga Dusun Bolang, Girikarto, Panggang, Gunungkidul. Beruntung ketiganya berhasil selamat.
 
Kapolsek Panggang AKP Ahmad Fauzi ketika dikonfirmasi membenarkan peristiwa tersebut. Peristiwa tersebut terjadi sekira pukul 05.30 WIB di mana ketiganya turun ke laut hendak mencari ikan. "Itu kejadiannya tadi pagi. Pas mau ke tengah,"tutur Fauzi.

Seperti biasa, nelayan Pantai Gesing Dusun Bolang Kalurahan Girikarto Kapanewon Panggang berangkat ke laut setiap pagi mulai pukul 04.00 WIB. Mereka memanfaatkan angin darat untuk pergi ke laut dan baru pulang pada siang harinya.

Pagi itu, ketiga nelayan turun sekira pukul 05.30 WIB. Mereka menggunakan Kapal Motor Bangkit Jaya yang biasanya digunakan oleh tekong Juwanto. Pagi itu Juwanto mengajak dua rekannya hendak pergi melaut. "Pada saat itu ombak Pantai Gesing terpantau memang cukup besar," ujar dia.

Nahas, ketika kapal melaju menuju ke arah laut atau ke arah tengah, tiba - tiba datang ombak besar yang menghantam kapal. Akibatnya kapal terhempas, korban kemudian menyelamatkan diri dengan cara meloncat ke laut.

Bersamaan dengan itu badan kapal terhempas ke karang dan pecah menjadi beberapa bagian. Ketiga korban kemudian berhasil menepi ke karang dan ditolong oleh nelayan lainya. "Pantai Gesing  memang sebagian berkarang,"ujar dia.

Ahmad Fauzi menghimbau agar nelayan ketika turun ke laut selalu berhati-hati dan memperhatikan himbuan dari BMKG untuk memastikan kondisi laut apakah gelombang tinggi atau tidak.


Editor : Ainun Najib

BERITA TERKAIT