Objek Wisata Seribu batu di Bantul (Foto: pemkab Bantul)
Trisna Purwoko

BANTUL, iNews.idDinas Pariwisata Kabupaten Bantul menggelar pelatihan pengelolaan desa wisata untuk menyiapkan para pelaku wisata dalam menyambut kunjungan wisatawan. Pelatihan ini diikuti peserta dari 12 desa wisata dengan menggandeng Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarukmo (Stipram) Yogyakarta dan praktisi wisata. 
 
“Pelatihan ini untuk membekali peserta dengan pengetahuan dasar tentang kepariwisataan serta pentingnya sapta pesona dalam mewujudkan masyarakat sadar wisata,” kata Kepala Seksi Sumber Daya Manusia (SDM) Dinas Pariwisata, Bantul Lina Yulinasari, Senin (26/9/2021). 

Pelatihan ini juga untuk menguatkan kelembagaan desa wisata dan pemberdayaan masyarakat dengan meningkatkan kemandirian SDM serta pengembangan produk wisata. Harapannya para pelaku wisata dalam mengelola desa wisata bisa lebih profesional dan berkualitas. 

Secara simbolis, pelatihan ini dibuka Wabup Bantul Joko Purnomo. Pelatihan akan dilaksanakan selama empat hari mulai hari ini sampai Kamis (30/9/2021) nanti. Peserta dilatih di dalam ruangan dan melakukan studi lapangan di desa Wisata Purwosari, kulonprogo dan praktik di Desa Wisata Wukirsari, Imogiri.

Pelatihan ini diikuti 40 orang dari 12 kalurahan yang memiliki desa wisata, yakniKalurahan Sumbermulyo, Gilangharjo, Bawuran, Sitimulyo, Caturharjo, Baturetno, Srimartani, Pleret, Wijirejo, Panggungharjo, Trimurti, dan Kalurahan Srimulyo.

Wakil Bupati Bantul Joko B Purnomo mengatakan, objek wisata di tingkat kalurahan bukan hanya sebagai tempat untuk refreshing tetapi bisa dipergunakan sebagai wahana edukasi sesuai dengan visi Pemkab Bantul mewujudkan masyarakat yang harmonis, sejahtera dan berkeadilan.

“Mudah-mudahan tidak lama lagi, wisata akan dibuka agar bisa memberikan kontribusi positif bagi masyarakat,” katanya. 

Pengembangana desa wisata harus ampu memberikan dampak terhadap kesejahteraan masyarakat. Jangan sampai hanya memperkaya diri sendiri dari anggota kelompok tertentu. 
 
Di sisi lain, Wabup Joko juga mengatakan terpilihnya destinasi Wisata Pinus Sari oleh Kemenparekraf terkait uji coba pembukaan wisata di PPKM 3 Kabupaten Bantul, menunjukkan manajemen atau pengelolaan Pinus Sari yang baik. Uji coba juga akan dilaksanakan di Objek wisata Seribu Batu  
 


Editor : Kuntadi Kuntadi

BERITA TERKAIT