Hujan angin yang melanda wilayah Umbulharjo, Yogyakarta, Kamis (5/5/2022) sore menyebabkan sejumlah rumah warga rusak. (Foto : DOK BPBD Yogyakarta)
Priyo Setyawan

YOGYAKARTA, iNews.id- Hujan angin yang melanda wilayah Umbulharjo, Yogyakarta, Kamis (5/5/2022) sore menyebabkaan beberapa atap rumah warga berterbangan dan menumbangkan sejumlah pohon. Hujan angin ini juga menyebabkan satu rumah warga roboh.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Yogyakarta,  Nurhjdayat mengatakan, satu rumah warga yang roboh, milik Surat warga Miliran. 

"Rumah itu bangunanya semi permanen, terbuat dari triplek dan material GRC (Glass Reinforced Concrete). Bangunan yang roboh ruangan dapur, kamar tidur dan kamar mandi. Korban jiwa nihil," katanya.

“Kami telah melakukan penutupan dan pembersihan terhadap material bangunan. Lokasi rumah juga telah dipasang dengan terpal penutup agar tidak menganggu aktivitas warga di tempat itu,” katanya. 

Selain itu beberapa  atap rumah warga di Sanggrahan, Miliran dan Muja Muju serta rumah ibadah di Jalan Kenari juga beterbangan. Dari laporan di Sanggrahan ada tujuh rumah, di Milirah ada enam rumah, Glagahsari satu rumah dan muja muju 12 rumah.

Kerusakan terdiri dari atap rumah yang terbuat dari genteng rusak dan terbang dihantam angin. “Itu data yang masuk hingga pukul 18.00 WIB,” katanya.

Untuk sementara sudah dipasang petugas dengan terpal. Karena ada empat rumah yang kondisinya mengharuskan untuk dipasang terpal.

Untuk pohon tumbang terjadi di dua lokasi Glagahsari. Pohon tumbang itu menimpa pagar rumah warga dan menutup aksen jalan. Sedangkan atas tempat ibadah, gereja di Jalan Kenari.  

“Petugas gabungan sampai saat ini masih melakukan evakuasi dan pembersihan terhadap material bangunan dan juga dahan pohon,” katanya. 


Editor : Ainun Najib

BERITA TERKAIT