Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa membagikan bendera Merah Putih saat melakukan peninjauan vaksinasi booster di Kelurahan Umbulmartani, Sleman, Jumat (26/8/22). (Foto : HO-Badan Kesbangpol Sleman)
Antara

SLEMAN, iNews.id - Meski peringatan HUT kemerdekaan telah lewat, Pemkab Sleman terus membagikan bendera Merah Putih kepada masyarakat. Pembagian bendera akan dilakukan hingga Agustus 2022.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa mengatakan pihaknya terus membagikan bendera sampai dengan 31 Agustus

"Sesuai edaran Kementerian Dalam Negeri agar daerah di seluruh Indonesia mencapai jumlah 10 juta bendera," kata Danang Maharsa di Sleman, Jumat (26/8/2022).

Pembagian bendera, Jumat, dilakukan di sejumlah titik, seperti Balai Kelurahan Umbulmartani, Ngemplak, dan Balai Kelurahan Sinduharjo. Danang membagikan Sang Merah Putih itu kepada masyarakat saat meninjau pelaksanaan vaksinasi dosis penguat atau booster serentak di kelurahan se-Kabupaten Sleman.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sleman Shavitri Nurmaladewi bersama Kepala Bidang Bina Ideologi, Wawasan Kebangsaan, dan Karakter Bangsa Badan Kesbangpol Kabupaten Sleman Basuki membagikan bendera Merah Putih di Pasar Jangkang dan SMPN Ngemplak.

Danang menambahkan bendera dapat dikibarkan di setiap rumah-rumah warga. Setelah momen peringatan Kemerdekaan HUT RI berakhir, Sang Saka Merah Putih dapat disimpan.

"Nanti, sewaktu-waktu ada perintah pengibaran bendera Merah Putih, setiap rumah tangga sudah siap untuk mengibarkan bendera," tambah Danang.

Sementara itu, Basuki mengatakan hampir 5.000 bendera telah dibagikan kepada masyarakat hingga kini.

"Bendera yang dibagikan kepada masyarakat ini merupakan hasil dari pengumpulan dari SKPD, BUMD, dan BUMN di Kabupaten Sleman, serta partisipasi berbagai pihak," katanya.

Selain itu, tambahnya, 17 kapanewon atau kecamatan dan 86 kelurahan di Kabupaten Sleman juga telah mengumpulkan dan membagikan bendera kepada warga di lingkungan masing-masing.

"Kami menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat dan berbagai pihak yang telah mendukung dan yang telah menyemarakkan HUT RI dengan berbagai kegiatan yang dapat menumbuhkan semangat kebangsaan serta cinta Tanah Air, Indonesia," ujar Basuki.


Editor : Ainun Najib

BERITA TERKAIT