Ini lima jurusan kuliah anak IPS yang bisa menjadi pilihan. )Foto ilustrasi : Ist)
Neneng Zubaidah

JAKARTA, iNews.id-Tak sedikit calon mahasiswa baru yang bingung memilih jurusan. Jika salah memilih akan berpengaruh buruk ketika menjalani kuliah dan masa depannya.

Nah, bagi yang saat ini lagi menempuh pendidikan kelas 12 SMA jurusan IPS, pasti sering bertanya-tanya  sebenarnya jurusan kuliah untuk anak IPS yang cocok apa aja sih? Yuk, telisik lebih dalam 5 jurusan kuliah untuk anak IPS serta dengan prospek kerjanya melansir dari laman.Gokampus di gokampus.com, Jumat (24/12/2021).

1. Jurusan Psikologi

Jurusan kuliah untuk anak IPS yang pertama adalah jurusan psikologi. Di jaman sekarang, siapa yang tidak kenal jurusan psikologi? Jurusan ini juga menjadi salah satu jurusan yang bisa dibilang paling populer di dunia. Dalam jurusan psikologi ini, nantinya mahasiswa akan belajar tentang bagaimana memahami diri sendiri maupun memahami perilaku orang lain.

Prospek kerja jurusan psikologi: Human Resource Development (HRD), konselor, guru BK (Bimbingan Konseling), psikolog, dll.

2. Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan kuliah untuk anak IPS yang selanjutnya adalah jurusan ilmu komunikasi. Jurusan ini cocok untuk calon mahasiswa aktif dan kreatif di bidang komunikasi. Jika masuk ke jurusan ini, maka nanti bisa belajar banyak hal tentang pengantar ilmu komunikasi, creative writing, penulisan berita, broadcasting, dan lain sebagainya.

Prospek kerja jurusan ilmu komunikasi: jurnalis, Public Relations, tim kreatif TV, Hubungan Masyarakat, dll.

3. Jurusan Hubungan Internasional (HI)

Buat siswa yang tertarik dengan permasalahan dan dinamika negara-negara di dunia,  jurusan ini cocok banget untuk kamu. Secara sederhana, jurusan ini akan mempelajari bagaimana upaya suatu negara berinteraksi secara global. Interaksi di sini merupakan interaksi internasional baik itu melibatkan suatu negara, instansi atau organisasi pemerintah maupun swasta.

Prospek kerja jurusan Hubungan Internasional: politikus, jurnalis, konsultan internasional, peneliti, dll.

4. Jurusan Hukum

Jurusan kuliah untuk anak IPS yang satu ini juga menjadi jawara sama para pelajar di Indonesia. Bahkan jumlah peminat jurusan hukum di UTBK 2021 di UI juga mencapai angka 3,370 pendaftar. Melalui jurusan hukum, kamu akan belajar banyak hal mengenai peraturan hukum di Indonesia dan luar negeri.

Prospek kerja jurusan hukum: pengacara, hakim, notaris, konsultan hukum, diplomat, dosen, dll.

5. Jurusan Akuntansi

Pilihan jurusan ini cocok bagi yang berminat untuk masuk ke dalam dunia angka dan perhitungan keuangan. Melalui jurusan akuntansi, mahasiswa juga diajarkan untuk bertanggung jawab, fokus, dan teliti dalam menghadapi masalah.

Prospek kerja jurusan akuntansi : Akuntan, Makelar Saham (Broker Saham), ?uditor, Bagian Keuangan (Finance) dan lain sebagainya.


Editor : Ainun Najib

BERITA TERKAIT