Dinas Kesehatan Bantul tetap melayani vaksinasi Covid-19 selama libur Lebaran. (Foto Ilustrasi : MPI/ erfan erlin)
Antara

BANTUL, iNews.id- Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul tetap melayani vaksinasi Covid-19 selama libur Lebaran di sejumlah fasilitas kesehatan (Faskes). Layanan ini bisa diakses oleh masyarakat maupun para pemudik
 
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul Agus Budi Rahardjo mengatakan tempat vaksinasi itu tidak di tempat-tempat posko. 

"Namun kami tetap melakukan jadwal vaksinasi di beberapa lokasi fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) ," kata Agus Budi Rahardjo di Bantul, Jumat (29/4/2022).
 
Beberapa fasyankes yang dilakukan penjadwalan untuk vaksinasi selama libur Lebaran yaitu Puskesmas 2 pada 29 April, kemudian Puskesmas Kasihan 2, Puskesmas Sedayu 2, Puskesmas Bantul 1, RSPAU Hardjolukito, dan RS PKU Muhammadiyah Bantul pada 30 April.
 
Selanjutnya Puskesmas Bantul 1 dijadwalkan pada 4 Mei, serta Puskesmas Kasihan 1, Puskesmas Sedayu 2, RS PKU Muhammadiyah Bantul pada 7 Mei 2022.
 
"Jadi masyarakat pemudik yang belum sempat vaksinasi atau bahkan keluarga yang mau dikunjungi masih bisa melakukan vaksinasi di tempat yang dijadwal pada liburan hari raya Idul Fitri," katanya.
 
Agus juga mengatakan, untuk pelayanan tes swab antigen secara mandiri juga masih ada beberapa fasilitas kesehatan yang memberikan layanan saat cuti bersama, yaitu di Labkesda (Laboratorium Kesehatan Daerah), RSUD Panembahan Senopati dan poliklinik yang lain.
 
Sementara untuk ketersediaan obat-obatan, vaksin, dan bahan medis habis pakai untuk menunjang pelayanan kesehatan di wilayah Kabupaten Bantul dipastikan mencukupi kebutuhan masyarakat yang memerlukan, termasuk obat obatan emergency."Vaksin yang tersedia terdiri dari vaksin rutin, dan vaksin Covid-19. Logistik obat, vaksin dan bahan medis habis pakai juga sudah terdistribusi ke seluruh puskesmas di wilayah Kabupaten Bantul," katanya.
 
Terkait posko kesehatan selama Lebaran 2022, Dinkes Kabupaten Bantul mendirikan lima posko pelayanan yaitu adalah Posko PSC (public safety center) di Markas untuk siaga 24 jam, kemudian posko kesehatan di Pos Simpang Tiga Piyungan (Jalan Wonosari) yang berdampingan dengan Pos Pengamanan.
 
Kemudian tiga posko di lokasi wisata di sekitar TPR (Tempat Pemungutan Retribusi) Parangtritis, Pos Pantai Parangkusumo, dan Pos kesehatan di Mangunan.
 
"Di setiap posko kesehatan di jalur mudik dan lokasi wisata disiagakan tim P3K (pertolongan pertama pada kecelakaan) terdiri dari tenaga medis, paramedis yang dilengkapi dengan mobil ambulans," katanya.


Editor : Ainun Najib

BERITA TERKAIT