Anak buruh tukang jahit, Hesti Wulandari lulus dengan predikat Cumlaude dari prodi Pendidikan Akuntasni Fakultas Ekonomi UNY. (Foto: istimewa)
Kuntadi

SLEMAN, iNews.id - Hesti Wulandari anak pasangan Agus Siswanto dan Mimin Jeminten lulus dengan predikat cumlaude dari Program Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Warga Kemantren II, Semawung, Bagelen, Purworejo, Jawa Tengah ini lulus dengan IPK 3,87. 

Sejak di bangku SMKN 7 Purworejo, Hesti sudah membekali diri dengan tekun belajar. Dia juga mengikuti bimbingan pada mata pelajaran tertentu. Awalnya dia ingin masuk ke STAN namun tidak diterima.   
 
Mesti gagal, Hesti tidak patah semangat. Apalagi dia memegang KIP Kuliah, yang sangat menolongnya untuk kuliah dan diterima di UNY melalui jalur SBMPTN. 

“Dia mengurus sendiri surat-surat yang diperlukan hingga memperoleh akses beasiswa bidikmisi,” kata Agus. 

Selama kuliah, gadis kelahiran 26 Jauari 2002 ini cukup aktif dalam beberapa unit kegiatan mahasiswa di antaranya UKM Rekayasa Teknologi, UKM Panahan dan UKM Al Fatih Fakultas Ekonomi. Meski cukup sibuk namun indeks prestasinya cukup bagus. 

Bahkan pada semester tujuh pernah meraih in deks prestasi 4.00. Agar kuncinya bisa meraih nilai tinggi, dia mengerjakan tugas setelah kuliah atau di sela-sela waktu beraktivitas dalam UKM. Dia juga belajar dengan disiplin terutama saat mau ujian dan memperhatikan saat dosen mengajar di kelas. 

“Saya arahkan ke pendidikan akuntansi agar menjadi guru di SMK yang mengajarnya relatif lebih mudah karena siswanya sudah dewasa,” kata Mimin.
 
Sejak kecil, Hesti sudah terlihat kepandaiannya sehingga diterima di SD pada usia 4,5 tahun. Saat itu dia selalu masuk tiga besar dan berlanjut di SMP. Selama di SMK dia meraih juara pertama dan lulus dengan nilai sempurna 100 untuk mata pelajaran matematika. 

“Saya ingin anaknya saya kehidupannya lebih baik. Tidak seperti saya menjadi buruh jahit,” ujar Mimin.  

Sementara itu Hesti ingin melanjutkan ke jenjang S2. Dia akan mengambil Magister Akuntansi melalui jalur beasiswa LPDP. 

“Ke depan ingin melanjutkan studi lanjut S2 mengambil Magister Akuntansi melalui jalur beasiswa LPDP,” kata Hesti. 


Editor : Kuntadi Kuntadi

BERITA TERKAIT