DInas Kelautan dan Perikanan Kulonprogo melepas 144 tukik di Pantai Bugel Panjatan. (Foto: doc/DKP Kulonprogo)
Kuntadi

KULONPROGO, iNews.id - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulonprogo, melepas 144 ekor tukik di Pantai Bugel, Panjatan, Jumat (24/6/2022). Ini merupakan salah satu program Jaga Segaraku (menjaga laut) dengan menjaga ekosistem dan populasi penyu tetap terjaga. 
 
“Kegiatan ini untuk menindaklanjuti Surat Edaran Bupati Kulonprogo tentang Jaga Segaraku, yaitu program menjaga, melestarikan, dan memanfaatkan seluruh potensi pantai Kulonprogo,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kulonprogo, Trenggono Trimulyo, Jumat (24/6/2022). 

Tukik yang dilepasliarkan ini merupakan jenis penyu lekang. Tukik ini hasil penangkaran Kelompok Masyarakat Pengawas Bugel Peni sebanyak 144 ekor. 

"Mudah-mudahan tukik yang dilepasliarkan dapat bertahan hidup," katanya.

Penyu merupakan hewan yang dilindungi. Menjaga kelestarian habitat penyu menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat. 

Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan dan Pengelolaan TPI Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulonprogo Wakhid Purwosubiyantara mengatakan, ada beberapa lokasi penangkaran tukik di Kulonprogo, salah satunya di Pantai Bugel. 

"Semoga sepanjang pantai di Kulonprogo menjadi tempat singgah penyu. Sehingga ke depan, Kulonprogo menjadi pusat penangkaran dan konservasi penyu," katanya.


Editor : Kuntadi Kuntadi

BERITA TERKAIT