Jet tempur F-35A milik AU AS jatuh di Negara Bagian Utah, Rabu (19/10/2022). (Foto : Ist)
Ahmad Islamy Jamil

SALT LAKE CITY, iNews.idJet tempur F-35A milik Angkatan Udara (AU) Amerika Serikat (AS) jatuh di Negara Bagian Utah, Rabu (19/10/2022). Belum diketahui penyebab jatuhnya pesat super canggih tersebut.

Lokasi jatuhnya Jet tempur generasi kelima itu berada di Pangkalan Angkatan Udara Hill, dekat ibu kota Utah, Salt Lake City AS. 

Unit Penerbangan (Fighter Wing) ke-388 Angkatan Udara Amerika Serikat, lewat Twitter mengungkapkan pesawat jatuh sekitar pukul 18.15 waktu setempat atau pukul 07.15 WIB, Kamis (20/10/2022). 

"F-35 A Lightning II  jatuh di ujung utara landasan pacu Pangkalan Angkatan Udara Hill,” ungkapnya. 
 
“Kru darurat di dalam dan di luar pangkalan segera merespons (peristiwa itu),” ujar unit militer itu lagi.

Angkatan Udara AS menyebut, pilot berhasil keluar dari pesawat dengan menggunakan kursi pelontar. Korban langsung dibawa ke pusat medis setempat untuk diobservasi.

Hingga berita ini ditulis belum diketahui penyebab kecelakaan itu.  “Penyebab kecelakaan itu belum diketahui dan masih diselidiki. Informasi lebih lanjut akan diberikan setelah tersedia,” kata Unit Penerbangan ke-388 AU AS lagi.

Saksi mata atau orang yang melihat atau menemukan sesuatu yang mungkin terkait dengan kecelakaan itu diminta segera menghubungi pihak militer AS. Masyarakat juga diimbau untuk menghindari area kecelakaan.


Editor : Ainun Najib

BERITA TERKAIT