Ratusan kilogram kokain disita petugas di Ceko saat hendak diselundupkan bersama buah pisang untuk supermarket (Ilustrasi). (Foto: BORDER FORCE/NCA)
Umaya Khusniah

PRAHA, iNews.id - Ratusan kilogram kokain senilai Rp1,2 triliun disita petugas di Ceko. Barang haram itu hendak diselundupkan bersama buah pisang untuk supermarket. 

Kokain ini pertama kali ditemukan oleh pegawai supermarket. Total ada 840 kilogram (Kg) kokain yang ditemukan dalam kotak kardus pisang di kota utara Jicin dan Rychnov nad Kneznou, Ceko. 

Penemuan kokain ini langsung dilaporkan kepada petugas berwenang.  Polisi setempat pada Jumat (10/6/2022) mengatakan, timnya kini tengah mencari toko lain di negara tempat asal pisang itu dikirimkan. Mereka telah bekerja sama dengan rekan di negara lain yang tak disebutkan.

Kepala Polisi Unit Anti-Narkotika, Jakub Frydrych kepada radio publik Ceko mengatakan, kokain kemungkinan berasal dari Amerika Tengah. Nilai total dari ratusan kg kokain tersebut diperkirakan mencapai 86 juta Dolar AS atau sekitar Rp1,2 triliun. 

Kasus serupa juga pernah terjadi pada 2015. Lebih dari 100 kilogram kokain ditemukan di supermarket Praha. 

Pada tahun 1999, polisi menyita 117 kilogram kokain di sebuah gudang di utara Praha. Kokain itu juga dikemas di antara buah-buahan kering.


Editor : Ainun Najib

BERITA TERKAIT