Bebek Goreng jadi Ikon Kalurahan Srigading, Sanden, bantul. (foto: ilustrasi)
Kuntadi

BANTUL, iNews.id - Kabupaten Bantul dikenal memiliki berbagai menu kuliner yang menarik untuk dicoba. Salah satunya menu kuliner bebek goreng yang akan menjadi ikon Kalurahan Srigading, Sanden. 

“Sejak saya dilantik jadi lurah saya ingin kembangkan kuliner bebek goreng menjadi ikon Kalurahan Srigading,” kata Lurah Srigading, Prabawa Suganda, Kamis (17/3/2022).

Pemilihan ikon ini tidak lepas dari banyaknya warga yang mengembangkan usaha kuliner bebek goreng. Setidaknya ada lima warung kuliner dengan bebek goreng yang tersebar di beberapa pedukuhan. Bahkan setiap harinya, warung tersebut selalu ramai dikunjungi wisatawan. 

“Warung-warung ini selalu ramai dikunjungan konsumen baik siang maupun malam,”katanya. 

Pemerintah Kalurahan Srigading akan menyiapkan Rencana Detail Tata Ruang Kalurahan, yang didalamnya nanti akan kuliner bebek goreng akan menjadi ikon dari Kalurahan Srigading. Ikon ini untuk menyongsong Jembatan Kretek 2 yang akan segera dibuka, agar banyak dikunjungi wisatawan. 

Badan Usaha Milik Kalurahan sebelumnya pernah mengembangkan wisata kuliner di Pengklik. Namun usaha ini tidak berkembang, dan mati suri. Ke depan usaha ini akan kembali diangkat dengan mengakomodir menu bebek goreng dengan menggandeng rumah makan yang sudah eksis.

Panewu Sanden, Deni Ngajis Hartono menyambut baik rencana Kalurahan Srigading yang akan mengangkat kuliner bebek goreng sebagai ikon di Srigading. Ini akan menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang. 

“Masa depan DIY itu ada di laut, jadi ini sangat potensi untuk dikembangkan sebagai alternatif destinasi wisata,” ujarnya. 


Editor : Kuntadi Kuntadi