Suasana kunjungan wisatawan di Pantai Parangtritis Bantul. (Foto : MPI/Yohanes Demo)
Yohanes Demo

BANTUL, iNews.id - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul mencatat kenaikan kunjungan wisata pada pada sepekan lalu. Dari jumlah wisatawan yang datang ke Bantul, sebagian besar memilih pantai Parangtritis untuk dikunjungi.

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Data, Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Markus Purnama Adi mengatakan, berdasarkan data kunjungan selama satu pekan kemarin, tercatat ada 34.305 orang yang berkunjung ke destinasi wisata di Kabupaten Bantul.

"Kalau dibanding dengan seminggu yang lalu, ada kenaikan sebesar 2,4 persen. Jumlah tersebut menyumbang PAD sebesar Rp 333,301 juta," ujarnya, Senin (14/11/2022).

Sedangkan untuk kunjungan di akhir pekan 11-13 November 2022 jumlah wisatawan yang datang ke Kabupaten Bantul sebanyak 25.259 orang atau naik sebesar 0,9 persen dari akhir pekan sebelumnya.

Dia mengatakan tidak mengetahui secara pasti hal yang mempengaruhi terjadinya kenaikan kunjungan wisatawan. Pasalnya, pada pekan kemarin, tidak ada event-event khusus yang dapat membantu mendongkrak kunjungan wisatawan.

Namun, kata dia, kondisi cuaca yang cukup baik diperkirakan menjadi faktor pendukung naiknya kunjungan wisatawan.

Sementara itu  Dinas Pariwisata masih akan terus berupaya untuk mendorong peningkatan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bantul guna mengejar kekurangan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata hingga akhir tahun 2022.

"Minggu depan kita ada acara gathering komunitas Mercy dari Gumuk Pasir sampai Mangunan,"katanya.


Editor : Ainun Najib

BERITA TERKAIT