Bupati Sleman Kustini meninjau SDN Delegan yang terbakar. (foto: antara)
Antara

SLEMAN, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Sleman akan melakukan gerak cepat untuk membangun kembali SD Negeri Delegan 1 Sumberharjo, Prambanan yang ludes terbakar, Selasa (9/8/20222). Mereka akan mengandeng sejumlah pihak agar proses pembelajaran siswa bisa kembali berjalan normal. 

"Kami akan secepatnya membangun kembali gedung sekolah ini, ada beberapa pihak yang siap menyalurkan bantuan seperti dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sleman," kata Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat meninjau langsung lokasi kebakaran SD Negeri Delegan 1, Rabu (10/8/2022). 

Pemkab Sleman juga akan mengalokasikan anggaran melalui BPBD Sleman dan anggaran APBD perubahan untuk mempercepat pembangunan kembali gedung sekolah tersebut. Selain itu ada juga anggaran tak terduga yang bisa dialokasikan untuk pembangunan gedung sekolah ini. 

”Saya meninjau langsung  ke lokasi kejadian untuk mengetahui secara langsung kondisi SDN Delegan 1 yang mengalami kebakaran,” ujarnya. 

Untuk sementara, kegiatan belajar mengajar juga masih bisa dilakukan di beberapa ruangan yang masih bisa digunakan. Mereka bisa menerapkan sistem belajar secara bergantian pagi dan siang. 

“Ada tujuh kelas yang ludes terbakar, dan tiga kelas lainnya masih utuh. Siswa kelas 1, 2 dan 3 masuk pagi dan kelas, 4, 5 dan 6 masuk siang," katanya.

Kustini memastikan untuk segera menyalurkan bantuan kepada SDN Delegan 1. Saat ini masih dilakukan pendataan kerugian dan material yang terbakar. 

“Dugaan awal dari korsleting listrik, tetapi ini masih diselidiki polisi. Kami minta kepala sekolah memeriksa instalasi listrik untuk memastikan kondisinya layak dan aman,” ujarnya. 


Editor : Kuntadi Kuntadi

BERITA TERKAIT