Bupati Gunungkidul Sunaryanta serahkan bantuan untuk korban puting beliung bersama anggota DPR Gandung Pardiman.(Foto : MNC Group/Erfan Erlin)
erfan erlin

GUNUNGKIDUL, iNews.id- Anggota DPR, Gandung Pardiman mengunjungi posko utama korban angin puting beliung Kalurahan Mulusan Kapanewon Paliyan. Politisi Golkar ini mengaku datang untuk menginventarisasi permasalahan yang dihadapi dalam penanganan korban angin puting beliung tersebut.

Gandung mengaku kedatangannya kali ini untuk memastikan para korban angin puting beliung tertangani dengan baik. Dalam kunjungan kali ini, belum banyak bantuan yang ia berikan namun politisi senior partai beringin ini berjanji akan kembali lagi untuk membawa bantuan sesuai yang dibutuhkan warga.

"Tadi saya ada acara bareng Pak Bupati. Terus mendengar musibah di Paliyan ini, kemudian kami datang bersama-sama," kata dia, Sabtu (12/3/2022).

Dirinyapun mendapat keluhan jika dapur umum di posko yang berada di Posko Balai Dusun Kenteng ini kesulitan mendapatkan minyak goreng. Padahal saat ini sisa minyak goreng sudah menipis dan sekarang susah menemukan di pasaran dengan harga normal.

Menanggapi hal tersebut, Gandung Pardiman menyarankan agar makanan untuk relawan dan korban angin puting beliung dimasak dengan cara direbus (digodok). Selain lebih hemat, makanan yang direbus juga lebih sehat.

"Digodok, biar kolesterolnya rontok," kata dia.

Gandung mengungkapkan jika sulitnya mendapatkan minyak goreng tak hanya pengelola posko, namun juga masyarakat secara umum. Oleh karenanya masyarakat juga harus bisa menyiasati kelangkaan minyak goreng tersebut.

Gandung juga meminta korban bencana angin puting beliung ditangani dengan baik, termasuk korban bencana yang sama 3 pekan lalu di Kapanewon Semanu. Di mana sampai saat ini dana bantuan kepada masyarakat belum juga cair.

"Saya perintahkan Fraksi Golkar di DPRD Gunungkidul untuk tegas. Jewer kepala OPD yang kerjanya lamban," ujar dia.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan, untuk status penanganan bencana di Kalurahan Mulusan saat ini sedang diinventarisasi data kerusakannya, nanti hasilnya akan segera dirapatkan. Hasil dari validasi data yang akan segera ditindak lanjuti ini, lanjutnya nanti akan terkait dengan status bencana dan penanganan selanjutnya. 

"Kita inventarisir dulu datanya, nanti kita lihat ke depannya, statusnya seperti apa dan penanganannya akan sepeti apa," kata Sunaryanta.

Saat disinggung soal bantuan pemerintah terkait tanggap darurat bencana di Kapanewon Semanu yang sampai saat ini belum ada realisasinya, Sunaryanta menyebut bahwa hal tersebut masih dalam proses.

"Saya akan segera berkoordinasi dengan dinas terkait untuk segera merealisasikannya. Saya pinginnya cepat, sudah saya tanyakan tadi ke PUPR, nanti pasti cair," kata Sunaryanta.


Editor : Ainun Najib

BERITA TERKAIT