YOGYAKARTA, iNews.id – PT Pos Indonesia dan Bank Mandiri secara resmi melaunching agen bersama (cross agent), Agen Pos dan Mandiri Agen di Yogyakarta, Kamis (5/5/2022). Agen bersama ini bisa melayani transaksi perbankan, kurir dan logistik.
Lauching ditandai dengan penandatanganan oleh Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia Siti Choiriana dan SEVP Micro & Consumer Finance Bank Mandiri, Josephus K Triprakoso.
Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia Siti Choiriana menjelaskan PT Pos Indonesia dan Bank Mandiri memiliki jaringan dengan jumlah puluhan ribu agen. Potensi ini jika dikolaborasikan akan menjadi channel ritel dengan jaringan besar dan luas. Pelayanan agen dapat tumbuh dan berkembang bersama-sama.
“Akses masyarakat terhadap layanan keuangan dan kurir juga akan semakin mudah,” kata Ana panggilan Siti Choiriana, usia lauching agen bersama di Yogyakarta, Kamis (5/5/2022).
Kolaborasi ini juga bukti konkret dukungan Pos Indonesia terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil Menengaj (UMKM). Terutama dalam upaya peningkatan dan pemerataan akses masyarakat terhadap produk layanan keuangan dan layanan jasa kurir.
“Saat ini ada sekitar 64 juta UMKM di Indonesia. Dari jumlah itu baru sekitar 12 juta atau 19 persen yang telah masuk ekosistem digital,” ujarnya.
Ana menjelaskan, kerja sama ini akan memperluas inklusi layanan keuangan dan layanan kurir seperti pembukaan rekening, cash in dan cash out di jaringan PT Pos Indonesia, pembukaan layanan kurir, wesel di jaringan bank mandiri.
Cross agent menawarkan layanan one stop service. Agen Pos melayani transaksi perbankan dan Mandiri Agen bisa melakukan kegiatan kurir dan logistik.
Saat ini PT Pos Indonesia memiliki jaringan lebih dari 4.800 kantor, 8.891 Agen Pos, serta puluhan ribu agen yang terhubung dengan berbagai layanan Pos Indonesia. Pos Indonesia juga memiliki jangkauan ke ratusan negara di dunia.
SEVP Micro & Consumer Finance Bank Mandiri, Josephus K Triprakoso menambahkan kerjasama ini merupakan wujud sinergi dan kolaborasi antar BUMN. Dimana saling bersinergi dalam rangka memberikan dampak lebih besar terhadap pertumbuhan perekonomian secara nasional.
Dia pun optimis, sinergi ini dapat memberikan nilai tambah dan kemudahan bagi para mitra usaha Bank Mandiri dan Pos Indonesia untuk mengembangkan usahanya. Di sisi lain sebagai upaya peningkatan dan pemerataan akses masyarakat terhadap produk layanan keuangan dan layanan jasa kurir di Indonesia.
“Kerjasama ini sangat menguntungkan bagi berbagai pihak, terutama untuk Mandiri Agen dan Agen Pos, di mana Mandiri Agen yang biasanya memberikan layanan keuangan seperti pembukaan rekening dan tarik setor tunai nantinya bisa menjadi Agen Pos yang memberikan layanan jasa kurir seperti pengiriman paket baik domestik maupun internasional dan begitu pun sebaliknya,” ujarnya.
Editor : Ainun Najib
Artikel Terkait