Seorang pencuri menguras harta milik seorang warga di Ponjong, Gunungkidul. Pelaku datang dengan berpura-pura menjadi tamu. (Foto: Ilustrasi/Ist)
erfan erlin

GUNUNGKIDUL, iNews.id- Sungguh malang nasib yang dialami oleh Mbah Landep warga Padukuhan Ponjong Kalurahan Ponjong Kapanewon Ponjong Gunungkidul ini. Lelaki berumur 80 tahun ini harus kehilangan sejumlah harta benda berharganya usai kedatangan seorang tamu.

Kapolsek Ponjong AKP Yulianto menerangkan, peristiwa yang menimpa Mbah Landep tersebut terjadi Selasa (29/11/2022) ini. Peristiwa tersebut terjadi sekira pukul 09.00 WIB. Saat itu korban di rumah sendirian karena anaknya pergi bekerja. "Pada jam itu dia kedatangan tamu seorang laki-laki," kata dia.

Karena tidak mengenal lelaki yang mendatanginya tersebut maka dengan polosnya korban menemuinya. Korban kemudian bertanya kepada tamu tersebut apakah dia berniat mencari anaknya yang bernama Sugeng.

Pelaku yang mendatanginya tersebut langsung membenarkannya. Dia mengaku teman Sugeng tersebut. Kepada korban, lelaki tersebut mengaku warga Karangasem. 

Pelaku lantas menyuruh Landep untuk cuci muka dan mencari sabit miliknya dan menanyakan tempat menyimpan perhiasan. Entah kenapa korban lantas menuruti permintaan pelaku dengan mencari sabit serta menunjukkan tempatnya menyimpan perhiasan.

"Pelaku kemudian mencongkel pintu almari tempat menyimpan benda berharga milik korban menggunakan sabit," kata dia.

Setelah mendapatkan semua barang berharga milik korban, pelaku kemudian berpamitan untuk pulang. Korban lantas mengantarkan tamu tersebut sampai ke depan pintu. Pelaku pergi begitu saja dan korban baru tersadar dengan peristiwa yang menimpanya. 

Atas kejadian tersebut korban kehilangan uang tunai sejumlah Rp350.000, empat buah cincin emas,  kalung emas dan dua buah handphone. Korban mengalami kerugian hingga belasan juta rupiah.

"Atas kejadian ini kami meminta masyarakat harus lebih peka dan waspada apalagi saat kedatangan tamu tak dikenal," ujarnya.


Editor : Ainun Najib

BERITA TERKAIT