Pemandian air panas di Jogja dapat dikunjungi, salah satunya Pemandian Air Panas Parang Wedang. (Foto: bantulkab.go.id).
Azizah Refifa Aqsha

YOGYAKARTA, iNews.id - Pemandian air panas di Jogja dapat dikunjungi untuk berendam dan menghilangkan penat. Jogja sering disebut sebagai kota wisata. 

Jogja menyediakan banyak pilihan wisata sejarah hingga wisata alamnya yang menakjubkan. Banyak wisatawan yang tertarik untuk menjadikan kota ini sebagai destinasi wisata bersama keluarga.

Seharian berkeliling di Kota Jogja dan melakukan perjalanan ke berbagai lokasi wisata tentunya sangat melelahkan. Berendam di air panas dapat dijadikan solusi untuk meredakan rasa lelah tersebut. 

Berikut beberapa rekomendasi pemandian air panas di Jogja:

1. Pemandian Air Panas Parang Wedang

Terletak di Jalan Parangtritis, Pantai Parangtritis, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini merupakan pemandian air panas alami dari sumber air memiliki kandungan mineral dan kandungan belerang yang baik untuk kesehatan kulit meskipun kadar belerangnya sangat kecil. 

Pemandian air panas ini tidak mengeluarkan bau belerang. Pada awalnya, pemandian air panas Parang Wedang merupakan tempat pemandian para anggota kerajaan Majapahit

Namun, setelah jarang digunakan barulah pemandian ini dibuka untuk umum. Untuk dapat menikmati berendam di pemandian air panas Parang wedang pengunjung hanya perlu membayar Rp4.000  untuk tiket masuk dan Rp2.000 untuk biaya parkir. 

2. Little Tokyo

Atau dikenal dengan sebutan Litto, merupakan objek wisata yang bertemakan kota Tokyo, Jepang. Objek wisata ini terletak di Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain menyediakan spot foto dengan latar yang terinspirasi dari Tokyo, Jepang di Litto ini juga terdapat kolam pemandian air panas buatan yang terinspirasi dari onsen yang terdapat di Jepang.

Di tengah udara sejuk khas Dlingo, berendam di air panas merupakan pilihan yang tepat untuk menghangatkan badan. Untuk berendam di kolam pemandian air panas ini pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp100.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk minuman hangat dan handuk untuk pengunjung setelah berendam.

3. Kampung Lawasan Heritage Cottage

Merupakan tempat penginapan yang berlokasi di Jalan Perumnas, Tempel, Sleman. Selain dekat dengan banyak objek wisata di Yogya, penginapan ini juga menyediakan banyak fasilitas bagi pengunjung yang menginap di sana. 

Namun, ada satu fasilitas yang bisa dinikmati tanpa harus menginap di Lawasan Heritage Cottage, yaitu kolam pemandian air panas buatannya.

Untuk menikmati berendam di kolam pemandian air panas Lawasan Heritage Cotage, cukup merogoh kocek sebesar Rp 75.000  sudah termasuk fasilitas sewa handuk, coffee & tea dan juga roti bakar.

Nah, itu tiga lokasi pemandian air panas di Jogja yang dapat dikunjungi untuk melepas penat setelah mengelilingi kota tersebut.


Editor : Kurnia Illahi

BERITA TERKAIT