Dua ulama ahli tafsir KH Bahuddin Nursalim atau kerap disapa Gus Baha dan TGB HM Zainul Majdi dijadwalkan ngaji bersama di UII Yogyakarta, Senin 20 Juni 2022. (istimewa)
Febrian Putra

YOGYAKARTA, iNews.id – Pengajian tafsir KH Bahauddin Nursalim atau Gus Baha bersama TGB HM Zainul Majdi yang akan digelar Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Senin (20/6/2022) mendapat minat yang tinggi dari publik. Penuturan panitia pendaftaran online hanya berlangsung setengah hari dan langsung penuh.

“Kami sesuaikan dengan kapasitas ruangan. Sejak kita buka pendaftaran, baru setengah hari sudah penuh, kita sudah tutup untuk yang online. Kita pun merasakan itu (tingginya animo),” kata Ketua Panitia Ahmad Sadzali, Jumat (17/6/2022).

Dijelaskan, pengajian yang digelar oleh Pusat Studi Tafsir Quran dan Hadis berlangsung secara offline di Auditorium KH Abdul Kahar Mudzakir mulai pukul 08.45 hingga 11.30 WIB. Selain itu disiapkan juga siaran melalui youtube uii.id/youtube.

“Meski secara online sudah kami tutup, kalau ada yang daftar di lokasi tetap boleh untuk datang. Panitia telah mengantisipasi hal itu,” sambungnya.

Dikatakan, pengajian offline tetap memberlakukan protokol kesehatan, untuk itu ia mengimbau kepada para jemaah yang hadir untuk tetap memakai masker. Diakuinya, tingginya animo publik tak terlepas dari latar belakang dua ulama ini yang dikenal moderat dan menyampaikan kesejukan tiap ceramah.

“Alhamdulillah, mendapatkan respons publik yang baik. Mohon doanya, semoga dapat dilancarkan,” pintanya.

Ditambahkan, meski pengajian ini berlangsung di lingkup kampus, namun terbuka untuk umum. Sesuai dengan tujuan awal berdirinya Pusat Studi Tafsir Quran dan Hadis ingin menggiatkan pengajian tafsir di tengah masyarakat.

"Pengajian ini diperuntukkan bagi internal dan eksternal," tambahnya.

Gus Baha merupakan ulama Nahdlatul Ulama (NU) yang berasal dari Rembang. Ia dikenal sebagai salah satu ulama ahli tafsir yang memiliki pengetahuan mendalam seputar Alquan. Ia merupakan salah satu murid dari ulama kharismatik, Kiai Maimun Zubair.

Gus Baha merupakan putra dari seorang ulama pakar Alquran dan juga pengasuh Pondok Pesantren Tahfidzul Quran LP3IA, Kiai Nursalim al-Hafizh,

Sementara TGB HM Zainul Majdi adalah Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA) Indonesia sekaligus Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Wathan Diniyyah Islamiyah (NWDI). 

TGB menempuh pendidikan sarjana hingga doktoral di Universitas Al Azhar, Mesir. Ia pernah menjadi Gubernur NTB dua periode, mulai 2008 hingga 2018.(*)


Editor : Febrian Putra

BERITA TERKAIT