Vaksin Covid-19 (foto: istimewa)
Antara

BANTUL, iNews.id - Dinas Kesehatan Bantul memastikan stok vaksin Covid-19 untuk dosis ketiga atau booster masih cukup. Saat ini tersedia 16 vial atau sekitar 170 dosis jenis Pfizer. 

"Stok vaksin di Dinkes masih 16 vial atau sekitar 170-an untuk Pfizer. Jadi kemungkinan untuk di dinas satu kali layanan lagi, tetapi di fakses maupun puskesmas masih ada dan tersebar," kata Kepala Dinkes Bantul Agus Budi Rahardjo di Bantul, Minggu (9/10/2022).

Selain di puskesmas dan fasker lain, stok vaksin juga tersedia di unit kesehatan Polres Bantul. Jika ada puskesmas yang ramai stok habis, bukan berarti di seluruh puskesmas habis. 

"Kalau kemungkinan ada yang ramai di masyarakat bahwa di satu puskesmas itu stoknya habis bukan berarti semua puskesmas habis. Di Puskesmas lain dan faskes juga masih," katanya.

Agus mengatakan, ada kecenderungan masyarakat untuk melakukan vaksinasi Covid-19 terutama booster naik turun. Dulu pernah dibuka layanan setiap hari dalam sepekan. Kemudian dirubah menjadi sekali saja, dan belakangan naik menjadi dua kali dalam sepekan.  

"Rata-rata 100 sampai 150 per hari, dan pusat memberikan vaksin juga menyesuaikan, kalau tren naik lagi ada penyesuaian," katanya.

Dinas Kesehatan juga rutin melaporkan kondisi dan stok vaksin ke Pemda DIY. Begitu ada kekurangan akan minta tambahan distribusi, karena vaksinasi Covid-19 masih diperlukan untuk menjaga kekebalan tubuh.  

Agus mengatakan, nantinya Covid-19 bukan pandemi dan menjadi endemi. Namun program vaksinasi akan tetap dilakukan untuk mencegah paparan. Vaksinasi ini untuk proteksi kepada masyarakat.


Editor : Kuntadi Kuntadi

BERITA TERKAIT