Kambing (Foto: doc/MPI)
erfan erlin

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Seorang warga Dusun Kedungwanglu, Kalurahan Banyusoco, Kapanewon Playen SMR (41) tertangkap tangan mencuri kambing milik warga. Pelaku nyaris dihakimi warga yang geram dengan aksi pelaku mencuri dua ekor kambing, Jumat (18/3/2022) dini hari tadi. 

Sebelum beraksi SMR meninggalkan sepeda motornya di kalurahan Banaran, Kapanewon Playen. Selanjutnya pelaku berjalan kaki dan mencuri kambing di Kalurahan Playen yang berjarak lebih dari satu kilometer. Pelaku sempat membawa dua ekor kambing milik warga. Satu dimasukkan ke dalam karung dan satu ekor lagi diikat dengan kondisi mulutnya dilakban.  

Tetapi aksinya ini berhasil digagalkan warga. Sejak pelaku datang meninggalkan motor, dua orang warga memantau aksinya. Begitu hendak mengambil motor pelaku lanagsung ditangkap.

“Saat hendak mengambil motor dengan membawa dua ekor kambing pelaku ditangkap warga dan nyaris dihajar,” kata Kapolsek Playen, AKP Hajar Wahyudi, Jumat (18/3/2022).   

Aksi pelaku tepergok oleh saksi Aji Prasetyo yang terbangun daru tidurnya untuk buang air kecil. Saat hendak masuk rumah, saksi mendengar suara motor berhenti di depan rumahnya. Saksi kemudian memberitahukan teman-temannya, dan memantau pelaku. 

Agar pelaku tidak bisa kabur warga mengempeskan ban sepeda motor pelaku. Pelaku sempat menyembunyikan dua ekor kambing ini di semak-semak. Namun warga yang memantau dengan mudah menemukan barang bukti.

Kasus ini selanjutnya diserahkan ke Polsek Playen. Pelaku sempat menerima bogem mentah dari warga yang emosi dengan perbuatan pelaku.   

“Kasus ini masih kami kembangkan, karena pengakuannya juga melakukan aksinya di tempat lain,” katanya. 

Selain mengamankan pelaku, polisi juga mengamankan sepeda motor Honda Vario AB 6934 FF, namun nopol yang terpasang di Sepeda motor milik pelaku AB 5290 TQ. Barang bukti lainnya berupa keronjot, talu pisau cutter dan juga dua ekor kambing yang dicuri dari kandang milik Sudiro.  


Editor : Kuntadi Kuntadi

BERITA TERKAIT