Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyambut kedatangan presiden Jokowi di Pangkalan TNI AU Adisutjipto, Minggu (13/3/2022). (Foto: istimewa)
Kuntadi

YOGYAKARTA, iNews.id – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mendampingi Presiden Joko Widodo beserta Iriana Joko Widodo bertolak ke Kalimantan Timur dari Pangkalan TNI AU Adi Sutjipto, Yogyakarta, Minggu (13/03/2021) dengan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1. Rombongan akan menuju Kawasan Titik Nol Kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Senin (14/03) besok. 

Dalam penerbangan ini, Sultan membawa tanah dan air yang berasal dari DIY. Tanah dan air ini nantinya akan disatukan dengan tanah dan air dari seluruh Provinsi di Indonesia. Tanah dan air ini akan diletakkan di IKN sebagai penanda di sana akan menjadi ibu kota negara.

“Tanah dan air ini diambilkan dari Keraton Yogyakarta, maknanya apa besok Ngarso Dalem (Sri Sultan HB X) yang akan menyampaikan,” kata Kabid Humas Biro Umum Humas dan Protokol Setda DIY Ditya Nanaryo Aji, Minggu (13/3/2022). 

Ditya mengatakan, setiba di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan, Presiden langsung menuju hotel untuk bermalam dan beristirahat. Rencananya besok pagi akan ada serangkaian kegiatan di lokasi ibu kota negara (IKN).  

Dalam penerbangan ini, Presiden Jokowi juga didampingi Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.  


Editor : Kuntadi Kuntadi

BERITA TERKAIT