Petugas vaksinasi melakukan vaksin booster kedua untuk nakes di Kantor Dinkes Gunungkidul.(MPI/erfan Erlin)
erfan erlin

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Dinas Kesehatan Gunungkidul mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 booster tahap kedua bagi tenaga kesehatan (nakes). Targetnya pada vaksinasi ini akan selesai selama sepekan.  

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi, Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Gunungkidul, Sugondo mengatakan, untuk vaksin booster kedua diprioritaskan untuk lingkungan di Dinas Kesehatan. Pihaknya akan berusaha menyelesaikan vaksinasi ke seluruh nakes dan SDM di Dinas Kesehatan. 

"Secara resmi dimulai hari ini, kendati demikian sejumlah fasilitas kesehatan (faskes) sudah memulai vaksinasi booster kedua lebih awal," Jumat (5/8/2022).

Menurut dia, sejumlah faskes sudah melaksanakan vaksinasi booster kedua sejak ada instruksi dari pusat pada akhir Juli lalu. Beberapa faskes juga ingin menghabiskan stok vaksin yang tersisa agar tidak kedaluwarsa. 

Vaksin yang diberikan kepada nakes sama den gan yang diberikan kepada masyarakat. Vaksinasi booster tahap kedua akan disesuaikan dengan booster tahap pertama.

"Total nakes dan SDM sekitar 4.000 orang yang akan divaksin,” katanya.

Guna mempercepat pelaksanaan vaksinasi booster kedua, seluruh puskesmas akan disiagakan. Selain efisien juga  menyesuaikan persediaan dosis vaksin yang ada. Pihaknya menargetkan vaksinasi booster kedua selesai bulan Agustus ini. 

Kepala Dinkes Gunungkidul Dewi Irawaty menambahkan, untuk pelaksanaan booster ini memang harus bergiliran. Di mana target pertama adalah tenaga kesehatan. Namun karena saat ini pihaknya juga masih mengejar capaian dosis primer dan booster pertama bagi masyarakat umum maka ia menargetkan pelaksanaan booster kedua bagi SDMK bisa selesai dalam waktu sepekan. 

"Tujuannya agar pelayanan kesehatan di semua faskes tidak terganggu. Di samping harus mengantisipasi KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) kalau ada," kata dia.


Editor : Kuntadi Kuntadi

BERITA TERKAIT