Cadangan stok vaksin Covid-19 yang dimiliki Kota Yogyakarta saat ini kosong. (Foto : Ist)
Antara

YOGYAKARTA, iNews.id - Waduh, cadangan stok vaksin Covid-19 yang dimiliki Kota Yogyakarta saat ini kosong. Akibatnya vaksinasi dilakukan hanya dengan mengandalkan sisa stok yang masih dimiliki sejumlah puskesmas.

Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Lana Unwanah menyebut sejak beberapa hari terakhir, stok vaksin Covid-19 kosong untuk semua jenis vaksin.

Lana menyebut pihaknya sudah berkomunikasi dengan Pemda untuk tambahan stok vaksin namun persediaan di DIY juga kosong sehingga belum bisa memenuhi permintaan yang diajukan.

"Dengan kondisi ini layanan vaksinasi Covid-19 untuk saat ini mengandalkan sisa stok yang dimiliki puskesmas namun tidak semua puskesmas di Kota Yogyakarta masih memiliki sisa stok," ujarnya di Yogyakarta, kamis (13/10/2022).

Meskipun demikian, sisa stok yang dimiliki sejumlah puskesmas tersebut juga tidak terlalu banyak.

“Kami hanya bisa mengajukan permintaan vaksin ke DIY tidak bisa langsung ke pemerintah pusat sehingga penambahan stok untuk Kota Yogyakarta sangat tergantung distribusi dari DIY,” ujarnya.

Untuk diketahui, layanan vaksinasi Covid-19 di Kota Yogyakarta untuk dosis pertama, kedua, maupun dosis penguat tetap dilakukan meskipun cakupan vaksinasi sudah lebih dari 100 persen.

“Namun kami tetap melakukan penyisiran karena mungkin masih ada warga yang belum mendapat vaksinasi,” ucapnya.


Editor : Ainun Najib

BERITA TERKAIT