Tentara yang berjaga di perbatasan Kirgizstan dan Tajikistan terlibat bentrok bersenjata. (Foto : Reuters)
Ahmad Islamy Jamil

BISHKEK, iNews.idKontak tembak antara pasukan di perbatasan kembali terjadi. Kali ini tentara yang berjaga di perbatasan Kirgizstan dan Tajikistan terlibat bentrok bersenjata.

Juru bicara Dinas Perbatasan dari Komite Negara untuk Keamanan Nasional Kirgizstan membenarkan bentrokan ini. “Ada insiden penggunaan senjata di perbatasan negara Kirgizstan-Tajikistan,” ungkapnya kepada kantor berita Sputnik, Rabu (14/9/2022).

Mengutip Dinas Perbatasan Kirgizstan, kantor berita Rusia, RIA,melaporkan bahwa tentara Tajikistan melepaskan tembakan setelah diminta untuk meninggalkan “posisi tempur” di sepanjang perbatasan. Sebagai tanggapannya, tentara penjaga Kirgizstan pun menggunakan senjata mereka.

Dalam beberapa tahun terakhir, pertempuran kecil di sepanjang perbatasan kedua negara sering terjadi.

Insiden kali ini menyusul pertempuran antara dua bekas republik Soviet lainnya, yakni Azerbaijan dan Armenia, pada Senin (12/9/2022) malam yang berlangsung hingga kemarin. Yerevan dan Baku saling menuduh lawan sebagai pemicu konflik tersebut.

Keduanya juga sama-sama mengklaim menderita korban jiwa akibat bentrokan tersebut. Pihak Azerbaijan menyebut 50 tentaranya gugur, sedangkan Armenia mengatakan 49 prajuritnya tewas.


Editor : Ainun Najib

BERITA TERKAIT