UMY mewisuda 801 mahasiswa dari jenjang sarjana, pascasarjana dan vokasi Rabu (8/12/2021)
Kuntadi

BANTUL, iNews.id – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mewisuda 801 sarjana, pascasarjana dan dari vokasi untuk periode kedua tahun ajaran 2021/2022 di Gedung Sportorium, Rabu (8/12/2021). Rektor minta wisudawan tetap menorehkan prestasi meski masih dalam kondisi pandemi Covid-19

Pelaksanaan wisuda dilakukan secara daring dan luring. Untuk wisuda daring merupakan kali kelima semenjak pandei covid-19. Pada wisuda kali ini ada lima orang mahasiswa asing dan enam mahasiswa berprestasi. 

“Pandemi Covid-19 bukan akhir segalanya, dan bukan penghalang untuk berkarya dan berprestasi,” kata UMY Gunawan Budiyanto saat memberikan sambutan. 

Menurutnya, semenjak pandemi Covid-19 pada bulan Maret 2020, UMY tetap memegang komitmen untuk tidak memperlambat masa studi dan proses belajar mengajar para mahasiswa. UMY juga menunjung para mahasiswa untuk mengukir prestasi dan berkarya, 

“Upaya proteksi dengan berbagai macam protokol kesehatan telah dilaksanakan selama 19 bulan. UMY tetap bekerja dan melaksanakan proses belajar mengajar dengan lancar,” katanya.

Rektor mengaku bersyukur selama pandemi Covid-19 tidak ada sesuatu hal yang mengkhawatirkan. Justru UMY mendapatkan berbagai prestasi yang luar biasa, di antaranya masuk dalam jajaran 500 perguruan tinggi terbaik se-Asia. Pada tahun 2021 UMY juga masuk dalam rangking 10 besar nasional kegiatan kemahasiswaan. 

Pada prosesi wisuda kali ini, UMY mewisuda 5 mahasiswa asing yang telah selesai menyelesaikan masa di kampus UMY. Mereka berasal dari Thailand, Arab Saudi, Philipina dan Timor Leste. 

Pada wisuda ini juga ada beberapa mahasiswa yang berhasil menorehkan prestasi, di antaranya Adi Bayu Putra (Prodi Ilmu Komunikasi) Juara 1 nasional film fiksi pendek Festival Film Pendek Mahasiswa Kemendikbudristek, dan Juara 2 nasional kategori film dokumenter drama Pekan Seni Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah. 

Selain itu juga ada Tari Yudis Pratama (Prodi Komunikasi Penyiaran Islam) dengan prestasi Juara 1 festival film mahasiswa Indonesia 2020 sebagai sutradara film ‘Dalam Jaringan’, An Ufi Lukman (Prodi Teknik Elektro) Juara 2 PKM tingkat swasta nasional, Izzon Suhandra (Prodi Teknik Mesin) Juara 2 PKMKC TIM TANAS UAD 2020, Dendi Indra Kurniawan (Prodi Ilmu Ekonomi) Top 5 finalis kompetisi inklusi keuangan kategori akademisi dari OJK dan Muhammada Pasha Muttawakil ( D3 Elektromedik) Top 15 finalis mahasiswa diploma berprestasi dalam Pilmapres 2021.


Editor : Kuntadi Kuntadi

BERITA TERKAIT