1.000 Tenaga Pendukung Penanganan Covid-19 di Kota Yogya Dapat Vaksin Dosis Ketiga

Antara ยท Senin, 06 Desember 2021 - 20:05:00 WIB
 1.000 Tenaga Pendukung Penanganan Covid-19 di Kota Yogya Dapat Vaksin Dosis Ketiga
Sekitar 1.000 tenaga penunjang atau pendukung penanganan Covid-19 di Kota Yogyakarta mendapat suntikan vaksin dosis ketiga atau penguat. (Foto Ilustrasi: iNews.Tv/Heru Trijoko)

YOGYAKARTA, iNews.id - Sekitar 1.000 tenaga penunjang atau pendukung penanganan Covid-19 di Kota Yogyakarta mendapat suntikan vaksin dosis ketiga atau penguat. Langkah ini dilakukan untuk memberikan kekebalan kepada kelompok yang ikut terlibat langsung dalam penanganan pandemi.

Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan setelah diberikan kepada tenaga kesehatan, pemberian vaksinasi penguat dilanjutkan untuk relawan yang selama ini terlibat langsung dalam berbagai kegiatan penanganan Covid-19.

Menurut dia, relawan dan tenaga pendukung yang mendapat vaksinasi penguat adalah mereka yang selama ini terlibat langsung dalam proses pemulasaraan jenazah, pemakaman cepat untuk pasien terkonfirmasi Covid-19, hingga pengelolaan lingkungan. "Relawan yang terlibat di sentra vaksinasi pun kami berikan vaksinasi penguat," katanya.

Kebijakan pemberian vaksinasi penguat untuk relawan tersebut, lanjut dia, juga sudah dikoordinasikan dengan pihak terkait dan dipastikan sudah mendapat izin dari pemerintah daerah.

"Bagaimanapun juga, tugas para relawan dan tenaga pendukung ini berkaitan langsung dengan penanganan pandemi. Risiko terpapar pun cukup besar sehingga pemberian vaksinasi penguat dirasa sangat diperlukan," katanya.

Seluruh relawan tersebut mendapat suntikan vaksin jenis Moderna sebagai penguat.

"Jumlah relawan yang divaksinasi akan disesuaikan dengan persediaan vaksin Moderna yang dimiliki. Untuk saat ini, menghabiskan dulu stok yang ada," katanya.

Jika ada tambahan vaksin Moderna yang datang, lanjut Heroe, maka tidak menutup kemungkinan untuk menambah jumlah sasaran vaksinasi penguat.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: