11.000 Penumpang Banjiri Bandara YIA saat Libur Waisak

Budi Utomo · Senin, 16 Mei 2022 - 14:15:00 WIB
11.000 Penumpang Banjiri Bandara YIA saat Libur Waisak
Sejumlah calon penumpang antri melakukn check in di Bandara YIA. (foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id - Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) kembali dipadati penumpang pada libur Waisak kali ini. Tercatat ada 11.000 penumpang yang didominasi keberangkatan ke sejumlah daerah di Indonesia. 

PT Angkasa Pura I Bandara YIA mencatat, 11.000 penumpang ini terdiri atas 5.365 penumpang kedatangan dan 5.632 penumpang untuk keberangkatan. Sedangkan pergerakan pesawat ada 65 termasuk enam penerbangan tambahan (ekstra flight). 
 
“Kemarin (Sabtu) jumlah penumpang lebih banyak sekitar 11.600, tetapi dari kondisi normal memang lebih tinggi,” kata Airport Operation Center Head (AOCH) Bandara YIA Budi Wiyono, Senin (16/5/2022). 

Masih tingginya penumpang ini tidak lepas dari adanya libur panjang Waisak. Selain itu juga jarak dengan hari Raya Idul Fitri masih dekat, sehingga banyak yang mengambil cuti sekaligus sehingga jumlah penumpang naik.  
 
“Ini long weeekend dan masih banyak yang cuti Idul Fitri, sedangkan PNS di Jakarta juga masih menerapkan WFH,” katanya.  

Hari ini juga merupakan hari libur terakhir bagi anak-ana di Jakarta. Kondisi ini memicu banyak yang menghabiskan lebaran di kampung, disamping wisatawan yang memang ingin berlibur di Yogyakarta. Jumlah penumpang ini lebih banyak dari kondisi normal, yang hanya skeitar 5.000-6.000 orang. 

“Prediksi kami besok sudah turun karena banyak yang sudah masuk kerja,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: