12 BUMN Klaster Kargo Bersinergi untuk Tingkatkan Layanan kepada Pelanggan

Kuntadi · Jumat, 23 September 2022 - 20:26:00 WIB
12 BUMN Klaster Kargo Bersinergi untuk Tingkatkan Layanan kepada Pelanggan
Jumlah penumpang yang tiba di Bandara YIA Kulonprogo mengalami peningakatan. (foto; iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id - Menteri BUMN Erick Thohir telah menetapkan proyek manajemen klaster logistik yang mencakup 12 BUMN untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Perusahaan pelat merah ini terus bersinergi dalam mempercepat perkembangan, pertumbuhan bisnis kargo dan menawarkan harga murah. 

“Menindaklanjuti keputusan Menteri BUMN, kami seluruh operator menggelar pertemuan rutin dua pekan untuk bertemu membahas isu strategis,” kata Ketua Organizing Committee Tim Implementasi Percepatan Peningkatan Sinergi dan Integrasi Logistik Indonesia, Faizal Rochmad Djoemadi usai pertemuan di Kantor PT ANgkasa Pura I bandara YIA, Jumat (23/9/2022). 

Faizal yang merupakan Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) menambahkan, pertemuan ini salah satu tujuannya untuk menurunkan ongkos logistik. Para operator ini melayani tiga moda pengiriman, baik darat, laut dan udara. 

Secara efisiensi, pengiriman logistik melalui kapal dengan pesawat agak berbeda. Barang yang bisa diangkut lewat kapal karena tidak sensitif terhadap waktu. Namun ada beberapa barang yang harus diangkut via udara, karena sangat dipengaruhi oleh faktor waktu dalam distribusinya. 

"Customer rela membayar mahal agar cepat. Ini juga enggak bisa dilakukan oleh laut," katanya. 

Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi mengatakan, perusahaannya menjadi salah satu penggerak logistik kargo. Keberadaan Bandara YIA, akan membuat DIY lebih istimewa dengan sarana prasarana untuk mendorong pertumbuhan volume kargo. 

"Melalui sinergi antar anggota klaster logistik yang ada di BUMN, akan membangun ekosistem yang bisa mempercepat perkembangan, pertumbuhan bisnis kargo," katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: