12 Spot Sunrise di Jogja yang Wajib Masuk ke Daftar List Liburanmu !

Amelia Ayu Aldira ยท Kamis, 22 September 2022 - 21:48:00 WIB
 12 Spot Sunrise di Jogja yang Wajib Masuk ke Daftar List Liburanmu !
Puncak Suroloyo yang berada di Samigaluh Kulonprogo. Tempat ini menjadi salah satu spot menarik untuk menikmati sunrise. (Foto : ist)

JAKARTA, iNews.id - Spot sunrise di Jogja ini memang tak perlu diragukan lagi keindahanya. Menikmati sunrise atau pemandangan matahari terbit merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan saat berkunjung ke Yogyakarta.

Yogyakarta merupakan kota yang banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.  Setiap destinasi wisata di Yogyakarta memiliki spot menarik untuk menikmati sunrise. Berikut beberapa spot sunrise yang ada di Jogja.

Candi Borobudur

Candi Borobudur ini sangat terkenal dan dikelilingi oleh Gunung Merapi dan Merbabu di sebelah Timur, Gunung Sindoro dan Sumbing di sebelah Utara, dan pegunungan Menoreh di sebelah Selatan. 

Candi ini terletak di antara Sungai Progo dan Elo serta didirikan di atas bukit yang telah dimodifikasi dengan ketinggian 265 dpl

Bicara soal sunrise, Candi Borobudur tentu menjadi spot tercantik di Yogyakarta dan Magelang. Candi ini terletak di Kabupaten Magelang dan menjadi Candi Budha terbesar di dunia. 

Dengan 1460 ukiran dan 504 stupa, candi ini merupakan salah satu tempat paling populer untuk melihat matahari terbit terbaik di Magelang. Tidak hanya populer di kalangan wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan asing yang berlibur di Jogja. Untuk momen sunrise terbaik di Candi Borobudur, kamu harus menginap di Hotel Manohara yang terletak di dalam Kompleks Taman Wisata Borobudur. 

Seperti yang kamu lihat, pintu topeng Candi Borobudur tidak dibuka sampai jam 6 pagi. Hotel ini memiliki akses langsung ke Candi Borobudur di mana kamu dapat menikmati matahari terbit. Menginap di hotel ini memberi kamu kesempatan unik untuk memulai petualangan di Jogja dengan menyaksikan matahari terbit yang sangat indah di atas Borobudur.

Gunung Merapi

Gunung Merapi adalah gunung berapi aktif dan merupakan spot yang indah. Sunrise di Gunung Merapi Yogyakarta adalah salah satu tempat wajib untuk menikmati sunrise. Untuk menikmati keindahannya, harus mendaki gunung ini terlebih dahulu. Namun, semua itu terbayar dengan menyaksikan matahari terbit dari puncak Gunung Merapi.

Direkomendasikan berkemah terlebih dahulu daripada mendaki saat fajar untuk menikmati matahari terbit di Merapi Jogja. Ada dua jalur pendakian yang bisa dipilih untuk mencapai puncak Gunung Merapi, rute Selo Boyolali (Utara) dan Jalur Babadan (Barat).

Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbit di Yogyakarta. Sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO, candi ini terletak 20 km sebelah timur Kota Yogyakarta.

Semua lokasi candi Prambanan sangat asik untuk berfoto tapi yang paling populer saat matahari terbit adalah candi Wisnu, candi Brahma dan candi Siwa.

Bayangkan bagaimana matahari pagi bersinar dari balik candi. Candi Prambanan tidak buka pada pagi hari kerja. Jadi hari Minggu adalah waktu terbaik untuk melihat matahari terbit di Candi Prambanan.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: