1.200 Warga Disuntik saat Serbuan Vaksin Covid-19 TNI AL-MNC Peduli di SMA Budaya Wacana

Priyo Setyawan ยท Rabu, 08 September 2021 - 13:53:00 WIB
1.200 Warga Disuntik saat Serbuan Vaksin Covid-19 TNI AL-MNC Peduli di SMA Budaya Wacana
Warga antusias mengikuti serbuan vaksin TNI AL didukung MNC Peduli di SMA Budaya Wacana Yogyakarta, Rabu (8/9/2021). (Foto : MNC Portal/priyo setyawaan)

YOGYAKARTA, iNews.id- Sebanyak 1.200 warga mengikuti kegiatan vaksinasi yang digelar TNI AL didukung MNC Peduli di SMA Budaya Wacana Yogyakarta, Rabu (8/9/2021). Sekitar 30-an tenaga kesehatan (nakes) dari Balai Kesehatan Lanal Yogyakarta diterjunkan dalam kegiatan serbuan vaksin ini.

Tercatat ada 1.200 warga yang terdaftar mengikuti program ini. Mereka bukan hanya warga di sekitar SMA Buday Wacana, namun juga warga di luar Kelurahan Terban. Vaksin yang diberkan jenis Sinovac.  

Kepala Balai Kesehatan Lanal Yogyakarta, Lettu Laut (K/W) Erlina Fauziyah mengatakan, serbuan vaksinasi ini untuk membantu program percepatan vaksin, sebab vaksinasi belum menyeluruh dan harus segera terdistribusi ke masyarakat. Sehingga herd immunity atau kekebalan kelompok segera  terbentuk, guna mencegah efek dari dampak Covid-19. Baik dari sisi kesehatan maupun kehidupan lainnya.

“Dampak dari Covid-19 ini sekarang kegiatan kita terbatas dan semua sektor mengalami penurunan. Kita berharap dengan serbuan vaksin ini akan terbentuk herd immunity sehingga kehidupan akan berjalan dengan lancar kembali,” katanya.

Selain di Yogyakarta, kegiatan yang sama juga dilakukan di wilayah Kulonprogo, Bantul, Gunungkidul dan Sleman. Untuk kegiatan tersebut direncanakan akan dilaksanakan hingga akhir September 2021.

Lurah Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Narotama mengatakan, dari 1.200 sasaran ini, rinciannay 600 orang warga Terban dan 600 orang warga di luar warga Terban.  

Warga Terban sendiri yang wajib vaksin ada 8.000 orang dari jumlah itu masih tersisa 2.000 orang yang belum divaksin. Sehingga setelah vaksin ini, tinggal 1.500 orang yang belaum tervaksin. Karena itu, segera akan menyisir lagi, warga yang belum divaksin ini.

“Kendala saat ini, warga itu hanya  ber-KTP Terban, namun domisilinya di luar Terban, sehingga untuk memastikan apakah sudah divaksin atau belum akan disisir,” katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: