13 Pasang Nisan Kayu Jati Kuno di Gunungkidul Hilang Digondol Pencuri

Kismaya Wibowo · Kamis, 11 Maret 2021 - 13:11:00 WIB
13 Pasang Nisan Kayu Jati Kuno di Gunungkidul Hilang Digondol Pencuri
Warga menunjukkan nisan kayu jati kuno yang tersisa di makam Merto Karyo. (foto: iNews.id/Kismaya Wibowo)

GUNUNGKIDUL, iNews.id – Warga Wonosari, Gunungkidul digegerkan dengan pencurian nisan kayu yang sudah berusia ratusan tahun. Setidaknya ada 13 pasang nisan kayu yang digondol kawanan pencuri.

Nisan kayu yang hilang ini berada di pusara makam Merto Karyo dan istrinya yang ada di pemakaman umum di Kalurahan Piyaman, Kapanewon Wonosari. Merto karyo dulu merupakan tokoh masyarakat, yang sudah meninggal ratusan tahun lalu. Tidak heran di makam ini nisan kayu ditumpuk ke atas sampai beberapa tingkat. 

Sebelum hilang di makam Merto Karyo terdapat sembilan nisan kayu jati kuno. Sedangkan di makam Ny Merto Karyo ada delapan. Kini hanya tersisa masing-masing dua unit saja.   

Hilangnya nisan kayu ini pertama kali diketahui juru kunci makam pada Rabu (9/3/2021) pagi. Saat itu juru kunci hendak masuk ke kompleks makam karena curiga lampu di areal akam tersebut dalam kondisi padam. Setelah dilakukan pengecekan ternyata ada sejumlah nisan yang terbuat dari kayu jati kuno yang hilang. 

“Ada 13 pasangan nisan jati kuno yang hilang di makam milik Merto Karyo dan NY Merto Karyo,” kata Sugito, salah seorang warga, Kamis (11/3/2021).  

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: