1.700 Tenaga Medis di Kota Yogyakarta Akan Dites Swab

Kuntadi ยท Rabu, 08 Juli 2020 - 17:15 WIB
1.700 Tenaga Medis di Kota Yogyakarta Akan Dites Swab
Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi (Foto: Dok Humas Pemkot Jogja)

YOGYAKARTA, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta akan melakukan tes swab kepada 1.700 tenaga kesehatan selama Juli 2020. Selain tenaga medis, semua pegawai yang bertugas di lapangan juga akan dites.

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan tes swab bertujuan untuk melihat kembali apakah tenaga medis di Kota Yogya dalam kondisi sehat serta tidak terpapar virus corona. Heroe mengaku mendapat info salah satu dokter terpapar Covid-19.

“Dalam memasuki masa kebangkitan ini, kami ingin melihat kembali apakah tenaga medis kami masih dalam kondisi yang bersih dari paparan atau tidak, apalagi kemarin juga ada satu dokter yang terpapar juga,” katanya dilansir dari website resmi Pemkot Jogja, Rabu (8/7/2020).

Selain tenaga medis, Pemkot Yogya akan melakukan tes swab kepada petugas lapangan seperti petugas dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan (Dishub), serta petugas dari Jogoboro. Mereka setiap hari berinteraksi dengan banyak orang.

“Yang akan kita fokuskan untuk melakukan swab test ini adalah selain tenaga medis yakni petugas petugas lapangan seperti Jogoboro, petugas Satpol PP, serta petugas dari Dishub, serta petugas-petugas yang selama ini di lapangan," ucapnya.

Heroe yang juga ketua gugus tugas harian penanganan covid-19 Kota Yogya berpesan kepada masyarakat agar selalu disiplin untuk menjalankan protokol kesehatan, terutama dalam penggunaan masker di area publik. Apalagi, Pemkot Yogya akan memberikan sanksi kepada masyarakat yang tidak memakai masker.

“Sanksi tidak hanya diberlakukan untuk perorangan saja tetapi juga diberlakukan untuk para pengusaha, lain dengan perorangan yang didenda untuk pengusaha sanksi berat berupa pencabutan izin usaha,” ujarnya.


Editor : Nani Suherni