1.808 Siswa SMA/SMK di Bantul Belum Cairkan Dana PIP

Yohanes Demo ยท Kamis, 24 November 2022 - 21:45:00 WIB
1.808 Siswa SMA/SMK di Bantul Belum Cairkan Dana PIP
Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih saat membuka acara Sosialisasi dan Percepatan Pencairan Program Indonesia Pintar (PIP) di SMAN 2 Bantul. (Foto: MPI/Yohanes Demo).

BANTUL, iNews.id - Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY menyebut ada 1.808 pelajar SMA/SMK di Kabupaten Bantul belum mencairkan dana Program Indonesia Pintar (PIP). Bantuan ini diberikan kepada siswa miskin untuk mendukung kegiatan belajarnya. 

Wakil Kepala Disdikpora DIY, Suhirman mengatakan, total penerima PIP tahun 2022 di Kabupaten Bantul sebanyak 18.714 pelajar, di antaranya 12.244 pelajar SMK dan 6.470 pelajar SMA. Menjelang akhir tahun 2022 ini terdapat ribuan pelajar yang belum melakukan pencairan dana PIP. 

"Yang belum dicairkan khusus di Bantul sebanyak 1.543 siswa SMK dan 345 siswa SMA," katanya dalam Sosialisasi dan Percepatan Aktivasi Pencairan Program PIP 2022 di SMAN 2 Bantul, Kamis (24/11/2022).

Besaran anggaran yang belum terserap ini sebesar Rp226,5 juta untuk pelajar SMA dan Rp1,24 miliar untuk pelajar SMK. Suhirman meminta pihak sekolah ikut berperan aktif untuk melengkapi data peserta didik, menginformasikan aktivasi rekening siswa agar pencairan dana PIP bisa cepat dilaksanakan.

Menurut dia, bantuan PIP yang diberikan oleh Kemristek Dikti sebesar Rp1 juta merupakan bantuan langsung untuk siswa yang masuk kategori miskin. Bantuan ini sangat berguna untuk meringankan beban biaya pendidikan. Mulai untuk membeli buku dan alat tulis lainnya, membeli seragam dan perlengkapan sekolah, membiayai transportasi ke sekolah, biaya kursus bagi peserta didik pendidikan formal, biaya praktik tambahan dan biaya magang, serta uang saku peserta didik.

"Saya berharap siswa dan siswi mendapatkan sesuai waktunya, tidak usah diundur-undur, karena sangat penting sekali untuk kebutuhan beli sepatu, buku dan lain-lain," katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: