2 CPU Backhoe di Proyek Kereta Bandara YIA Hilang Digondol Pencuri

Kuntadi ยท Jumat, 16 Oktober 2020 - 13:47 WIB
2 CPU Backhoe di Proyek Kereta Bandara YIA Hilang Digondol Pencuri
Petugas melakukan olah TKP kasus pencurian perangkat CPU alat berat yang hilang di curi. (Foto: istimewa)

KULONPROGO, iNews.id – Proyek pembangunan jalur kereta api Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kabupaten Kulonprogo disatroni kawanan pencuri. Pelaku menggondol CPU alat berat (backhoe) di proyek jalur kereta bandara yang ada di Desa Kalidengen, Kecamatan Temon, Kulonprogo.

Aksi pencurian ini diketahui saksi Nur Fatah (42) operator alat berat pada Kamis (15/10/2020) pagi. Saksi yang datang ke lokasi mendapati kaca depan alat berat sudah tergeletak di tanah. Saat di cek ke dalam, beberapa piranti utama seperti CPU, monitor dan sensor engine sudah hilang.

Kabar adanya pencurian CPU monitor ini, ditindaklanjuti dengan pengecekan alat berat yang lain. Hasil ada satu CPU alat berat lainnya yang juga hilang. Akibat ulah pencuri PT Calista Perkasa Mulia selaku vendero proyek mengalami kerugian hingga Rp200 juta.

“Jadi ada dua alat berat jenis backhoe yang CPU dan monitornya hilang dicuri,” kata Kasubag Humas Polres Kulonprogo, Iptu I Nengah Jefry, Jumat (16/10/2020).

Polisi yang mendapatkan laporan telah menindaklanjuti dengan melakukan olah TKP dan meminta keterangan dari saksi dan korban. Kasus ini masih dalam penyelidikan petugas

“Kasus ini masih kita selidiki, doakan saja segera terungkap,” katanya.

Kasus pencurian CPU marak terjadi karena harganya mahal dan untuk mengambilnya sangat mudah. Pelaku kerap memanfaatkan kelengahan korban yang memarkir alat berat tanpa pengamanan yang ketat.


Editor : Kuntadi Kuntadi